5 Tips Tetap Sehat Meski Nggak Suka Sayur

sayur-doktersehat
Photo Source: Flickr/avlxyz

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran adalah salah satu makanan yang paling baik bagi kesehatan, namun masih banyak orang yang malas untuk mengonsumsinya. Biasanya, hal ini disebabkan oleh rasa sayuran yang kurang nikmat jika dibandingkan dengan makanan jenis lainnya. Hanya saja, apakah ada cara agar tetap bisa hidup sehat meski kita tidak suka makan sayur?

Beberapa cara untuk tetap bisa hidup sehat meski malas mengonsumsi sayuran

Meski malas makan sayur, bukan berarti kita tidak bisa menerapkan pola makan yang sehat. Ada banyak sekali pola makan lainnya yang bisa membantu kita menyediakan nutrisi sebagaimana yang disediakan oleh sayuran.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tetap hidup sehat meski malas mengonsumsi sayuran.

  1. Mengonsumsi makanan sehat selain sayur

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, ada makanan lain yang juga bisa menyediakan asupan nutrisi sehat sebagaimana yang disediakan oleh sayuran. Sebagai contoh, kita bisa memenuhi kebutuhan asupan serat dari makanan layaknya gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kita juga bisa mengonsumsi sejenis sayuran namun cenderung disukai layaknya kedelai atau brokoli.

Selain makanan-makanan tersebut, kita juga bisa mengonsumsi makanan sehat lainnya layaknya yoghurt, kentang, tempe, tahu, daging ikan, telur, dan lain-lain. Dengan mengonsumsinya secara rutin, tubuh pun akan tetap terjaga kondisinya.

  1. Cobalah untuk mengonsumsi makanan rendah lemak

Hampir semua jenis sayuran memiliki kadar lemak yang rendah namun tinggi kandungan serat. Hal inilah yang membuatnya baik bagi kesehatan. Jika kita malas makan sayur, setidaknya kita harus memilih makanan dengan kandungan lemak, khususnya lemak trans atau lemak jahat yang rendah. Selain itu, kita juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berkarbohidrat dengan berlebihan.

Sebagai contoh, kita bisa menurunkan asupan gorengan atau makanan cepat saji. Selain itu, kita juga bisa mengolah makanan dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak canola yang kandungan lemak jahatnya lebih rendah sehingga tentu lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

  1. Memperbanyak asupan buah

Jika kita malas makan sayur, sebaiknya memperbanyak asupan buah-buahan. Memang, ada sebagian nutrisi di dalam sayuran yang tidak bisa ditemukan di dalam buah-buahan, namun tak ada salahnya untuk memperbanyak asupan buah demi menambah asupan nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Selain buah-buahan yang dimakan secara utuh layaknya apel, jeruk, alpukat, mangga, dan lain-lain, kita juga bisa menjadikan buah-buahan sebagai pelengkap masakan layaknya tomat, nanas, lemon, mangga. Rutin mengonsumsinya tentu akan membuat tubuh tetap sehat dan tidak mudah jatuh sakit.

  1. Mengonsumsi suplemen vitamin

Mengingat sayuran tinggi kandungan nutrisi, jika kita sampai malas mengonsumsinya, dikhawatirkan akan membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi-nutrisi penting yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Demi mengantisipasinya, kita bisa mengonsumsi suplemen vitamin tertentu. Bahkan, ada suplemen yang disebut-sebut bisa menyediakan nutrisi layaknya sayuran.

Hanya saja, pastikan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum sembarangan mengonsumsi suplemen demi memastikan bahwa suplemen ini aman dan bisa memberikan manfaat kesehatan.

  1. Memperbanyak asupan smoothies

Mengolah sayuran atau buah-buahan menjadi smoothies atau jus bisa menjadi pilihan bagi kita yang malas makan sayur. Kita bisa memilih sayuran atau buah yang kita gemari agar bisa menghabiskannya dalam jumlah yang cukup banyak. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula atau tambahan yang kurang sehat lainnya pada smoothies ini.

Dengan menerapkan hal-hal ini, tubuh pun akan tetap sehat meski kita malas makan sayur.