Tetap Sehat dan Bugar Meski Sudah Lanjut Usia

doktersehat-orangtua-lansia

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang berpikir jika orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia) cenderung rentan terkena beberapa penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit jantung, demensia, osteoporosis, dan lain sebagainya. Padahal, sebenarnya siapa saja, termasuk orang yang sudah lanjut usia bisa tetap hidup dengan kondisi sehat, bugar, dan tidak berpenyakit. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pun menyarankan para lansia untuk menerapkan hal-hal berikut ini agar tetap sehat, bugar, dan tidak mengidap penyakit kronis.

Pola makan yang sehat
Kebanyakan penyakit kronis yang datang di usia tua disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat sejak usia muda. Karena alasan inilah sebaiknya sejak usia muda kita menjaga asupan makanan bergizi seimbang setiap hari, bukannya rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan garam, gula, atau lemak yang bisa saja memicu beberapa masalah kesehatan layaknya hipertensi, penyakit jantung, kanker, atau bahkan diabetes.

Pastikan untuk memenuhi asupan sayuran dan buah-buahan, menghindari makanan dan minuman berpengawet serta minuman beralkohol. Dengan menerapkan pola makan yang sehat, tubuh pun akan tetap sehat, bugar, dan berenergi.

Tetap aktif berolahraga
Meskipun secara fisik para lanjut usia memang cenderung tidak setangkas dan tidak memiliki banyak energi sebagaimana generasi muda, ada baiknya mereka tetap berolahraga dengan rutin demi menjaga kesehatan jantung, sistem metabolisme tubuh, mengendalikan berat badan, dan mencegah datangnya penyakit kronis. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari-lari yang ringan, atau bahkan bersepeda sudah cukup baik untuk membuat para lansia tetap sehat dan bugar.

Menjaga berat badan tetap ideal
Dengan menjaga berat badan tetap ideal, maka beberapa jenis penyakit seperti kanker atau penyakit jantung yang kerap kali terkait dengan tingginya kadar lemak di dalam tubuh bisa dicegah dengan lebih baik.

Menjaga konsumsi air minum dengan cukup
Dengan mencukupi kebutuhan air putih, maka tubuh para lansia akan terhidrasi dengan baik sehingga berbagai sistem yang bekerja di dalamnya akan tetap berada dalam kondisi yang normal. Hal ini bisa berimbas pada tubuh yang terjaga kesehatannya.

Melakukan check up secara rutin
Pakar kesehatan menyarankan mereka yang sudah berusia lebih dari 40 tahun untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan secara rutin di instansi kesehatan terdekat. Dengan melakukannya, maka para lansia bisa mendeteksi beberapa gejala penyakit sejak dini sehingga bisa melakukan pencegahan lebih baik dan membuat penyakit tersebut lebih mudah untuk disembuhkan.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, tubuh para lansia bisa terjaga kesehatannya sehingga bisa menikmati kehidupannya dengan lebih baik.