Terbit: 21 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika perut terasa lapar, tentunya kita akan segera mengonsumsi makanan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan membuat rasa lapar menghilang dan perut menjadi kenyang. Umumnya rasa kenyang tersebut bertahan dalam waktu yang cukup lama sehingga kita tidak memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan lagi.

Sudah Makan Banyak Tapi Masih Lapar, Apa Penyebabnya?

Namun, bagaimana jika setelah makan perut masih terasa lapar? Bahkan, keinginan untuk makan hanya selisih beberapa waktu saja. Ternyata, ada beberapa penyebab mengapa perut mudah lapar walaupun sudah makan. Beberapa penyebab tersebut diantaranya:

1. Stres Berlebihan

Stres berlebihan akan berdampak pada nafsu makan Anda. Semakin stres, semakin tinggi pula nafsu makan sehingga membuat Anda mudah merasa lapar. Hal ini dikarenakan, ketika Anda mengalami stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang meningkatkan keinginan untuk makan. Jika stres tidak segera diatasi, bisa jadi Anda akan mengalami kenaikan berat badan.

2. Kehamilan

Penyebab Anda mudah lapar selanjutnya adalah karena kehamilan. Kehamilan memang membuat wanita merasa mudah lapar dan menginginkan makanan tertentu yang disukainya alias ngidam. Biasanya, wanita hamil akan makan dua kali lipat lebih banyak dari wanita biasa pada umumnya. Oleh sebab itu, segeralah konsultasikan ke dokter kandungan Anda.

3. Kekurangan Kadar Gula Dalam Darah

Kadar gula dalam darah yanh kurang dapat membuat Anda mudah merasa lapar. Sebab, jika kadar gula darah menurun makan tubuh tidak memiliki cukup bahan bakar untuk membentuk energi. Sehingga, Anda akan merasa lapar, lemas, lelah, dan pusing.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat bagus untuk kesehatan. Oleh karenanya, seseorang dianjurkan untuk minum air putih sedikitnya 8 gelas sehari. Kurangnya konsumsi air putih dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Akibat dehidasi tersebut, keinginan untuk mengonsumsi makanan timbul. Untuk mengatasinya, penuhi kebutuhan cairan Anda dengan banyak minum air putih.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi