Terbit: 18 April 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kadar testosteron pada pria tidak hanya turun saat usia mereka bertambah. Beberapa pria yang berusia di bawah 30 tahun pun bisa alami penurunan. Salah satu tanda penurunan testosteron adalah susahnya mendapatkan ereksi dengan sempurna. Selain itu pria juga kerap tidak bergairah untuk melakukan hubungan seks.

Testosteron Menurun, Genjot dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Menurunnya kadar testosteron pada pria bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satu faktor yang sering terjadi adalah obesitas. Selanjutnya gaya hidup tidak sehat dan faktor obat.

Untuk mengembalikan testosteron kembali seperti semula, pria harus mengubah gaya hidup. Selain itu, mereka juga harus mengonsumsi makanan penggenjot testosteron di bawah ini.

1. Tuna

Tuna dipilih karena mengandung Vitamin D yang tinggi. Vitamin ini berkorelasi langsung dengan pembentukan testosteron. Kalau kadar vitamin ini tinggi di dalam tubuh, kadar hormon bisa meningkat dengan cukup signifikan. Konsumsi tuna secara rutin dengan takaran pas. Masak tuna dengan mengukus atau dipanggang.

2. Susu low fat

Susu dengan kandungan lemak rendah akan memberikan suplai vitamin D yang cukup banyak. Selain itu susu juga mengandung protein yang baik untuk otot dan lemak rendah bisa digunakan untuk tambahan energi. Susu bisa dikonsumsi dengan diolah menjadi makanan atau langsung dikonsumsi setelah dihangatkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Kuning telur

Kolesterol pada kuning telur memang cukup tinggi. Namun, kuning telur mampu menaikkan testosteron dengan cepat. Konsumsi kuning telur dengan takaran tepat baik direbus atau digoreng terlebih dahulu.

4. Tiram

Tiram mengandung cukup banyak zinc. Zat aktif ini ampuh untuk menaikkan testosteron. Mengonsumsi tiram akan mengembalikan libido pria dan memperbanyak produksi sperma.

5. Protein nabati dan hewani

Protein hewani yang berasal dari daging khususnya daging merah sangat baik untuk peningkatan testosteron. Selanjutnya aneka biji-bijian juga cocok untuk alternatif.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk meningkatkan testosteron dalam tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi