Tes Kehamilan Tanpa Test Pack, Bisa Pakai Garam dan Bahan Lainnya!

tes-kehamilan-dengan-garam-doktersehat

DokterSehat.Com – Melakukan tes kehamilan di rumah biasanya dilakukan sebagai langkah awal untuk mengetahui kehamilan. Umumnya orang akan menggunakan test pack sebagai alat tes kehamilan. Padahal ternyata masih banyak cara untuk melakukan tes kehamilan selain menggunakan test pack, salah satunya adalah tes kehamilan dengan garam.

Tes kehamilan dengan garam menjadi salah satu DIY tes kehamilan yang sudah cukup populer. Ternyata, selain tes kehamilan dengan garam, masih banyak jenis DIY tes kehamilan lainnya menggunakan berbagai macam bahan yang bisa dengan mudah Anda temukan di rumah.

Tes kehamilan dengan garam dan DIY tes kehamilan lainnya juga bisa menjadi alternatif jika kehamilan tidak terdeteksi dengan test pack. Banyak pasangan yang memilih untuk menggunakan berbagai macam test pack untuk mendapatkan tes kehamilan yang lebih akurat. Dibandingkan menggunakan test pack, lebih baik lakukan DIY tes kehamilan yang lebih ekonomis ini. Berikut adalah beberapa jenis tes kehamilan yang bisa Anda lakukan di rumah!

Cara Kerja Tes Kehamilan

Sebelum beralih ke jenis-jenis tes kehamilan, mari membahas bagaimana cara kerja tes kehamilan yang bisa Anda lakukan di rumah. Sama halnya menggunakan test pack, setiap tes kehamilan yang akan dibahas juga membutuhkan urine sebagai bahan tes. Pada dasarnya cara kerja dari tes kehamilan adalah mendeteksi adanya hormon human chirionic gonadotropin (hCG) dalam tubuh yang memang diproduksi saat wanita sedang hamil.

Kandungan hCG umumnya lebih tinggi pada urine yang dikelurkan pertama kali setelah bangun tidur, sehingga waktu pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan tes kehamilan. Anda bisa melakukan tes kehamilan pada masa kurang lebih 10 hingga 14 hari sejak tanggal telat datang bulan, saat itulah hCG mulai diprosuksi oleh tubuh.

Tes Kehamilan Sendiri di Rumah

Bahan yang digunakan untuk tes kehamilan pada dasarnya adalah bahan-bahan yang dapat berekasi dengan hormon hCG sehingga dapat mendeteksi kehamilan. Berikut adalah berbagai jenis tes kehamilan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Tes kehamilan dengan garam

Tes yang pertama adalah tes kehamilan dengan garam. Tes yang satu ini merupakan jenis DIY tes kehamilan yang paling banyak digunakan. Cara melakukan tes kehamilan dengan garam sangat lah mudah dan dapat dikatakan hasilnya cukup meyakinkan.

Cara melakukan tes kehamilan dengan garam adalah dengan cara menaburkan garam ke dalam urine yang sudah ditempatkan dalam sebuah wadah. Hormon hCG akan bereaksi dengan garam dan hasilnya adalah urine berubah menjadi seperti susu. Jika terjadi perubahan tersebut pada urine Anda yang dicampur dengan garam, maka itu tandanya Anda positif hamil.

2. Tes kehamilan dengan gula

Selain tes kehamilan dengan garam, Anda juga bisa melakukan tes kehamilan dengan menggunakan gula. Caranya tidak jauh berbeda, tiga sendok gula dan urine pertama di pagi hari adalah yang Anda butuhkan. Masukkan gula tersebut ke dalam wadah berisi urine dan tunggu reaksinya beberapa menit.

Reaksi yang dihasilkan berbeda dengan reaksi pada tes kehamilan dengan garam. Pada tes kehamilan dengan gula, hormon hCG akan bereaksi dengan gula dan urine dengan menghasilkan busa dalam jumlah banyak.

3. Tes kahamilan dengan cuka

Tes kehamilan selanjutnya adalah menggunakan cuka. Sebelum melakukan tes, pastikan bahwa cuka yang digunakan belum memasuki masa expired, karena kemungkinan reaksi yang dihasilkan pada cuka expired akan berbeda. Tes ini membutuhkan urine Anda di pagi hari dan juga setengah cangkir cuka.

Campurkan kedua bahan tersebut dalam sebuah wadah. Reaksi yang pertama muncul umumnya adalah munculnya busa. Anda harus menunggu beberapa saat untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Jika memang terdapat hormon hCG dalam urine, kemungkinan warna urine akan memudar atau urine akan berubah warna setelah beberapa saat dicampurkan dengan cuka.

4. Tes kehamilan dengan baking soda

Tes kehamilan di rumah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan baking soda. Caranya adalah dengan memasukkan satu sendok soda ke dalam urine yang ada dalam wadah. Reaksi dari baking soda dan hormon hCG adala munculnya suarah mendesis dari baking soda yang tercampur dalam urine.

Jika baking soda tidak bereaksi dan malah megendap dalam urine, maka kemungkinan hasilnya adalah negatif. Tes kehamilan satu ini dipercaya memiliki akurasi sebesar 70%.

5. Tes kahamilan dengan cairan pembersih mengandung minyak pinus

Minyak pinus yang memiliki fungsi desinfektan sering kali dijadikan sebagai campurnan bahan pembersih. Anda bisa menggunakan pembersih yang mengandung minyak pinus ini sebagai salah satu alat tes kehamilan. Caranya adalah dengan mencampurkan cairan pembersih dan juga urine.

Tunggu selama 5 menit untuk mengunggu reaksinya. Jika terjadi perubahan warna pada cairan, maka hasilnya adalah positif. Hasil warna yang berubah bisa bergantung pada warna cairan pembersih yang digunakan.

6. Tes kehamilan dengan pemutih pakaian

Tes kehamilan di rumah selanjutnya adalah menggunakan pemutih pakaian. Lakukan tes ini di luar ruangan atau paling tidak dalam ruangan dengan sirkulasi yang baik demi kenyamanan Anda. Bahan yang Anda butuhkan untuk tes ini adalah urine pagi hari dan dua sendok pemutih pakaian.

Campurkan dua sendok pemutih pakaian ke dalam urine yang ada ke dalam wadah dan tunggu reaksinya beberapa saat. Jika campuran tersebut mengeluarkan busa atau buih dan menghasilkan bau yang sangat menyengat, maka kemungkinan Anda hamil.

7. Tes kehamilan dengan pasta gigi

Tes kehamilan di rumah yang dipercaya akurat lainnya adalah menggunakan pasta gigi. Pilihlah pasta gigi dengan warna putih biasa untuk mendapatkan hasil tes yang lebih akurat. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menempatkan urine dalam sebuah wadah.

Selanjutnya ambil pasta gigi kurang lebih sebanyak yang Anda gunakan untuk menyikat gigi, lalu campurkan ke dalam urine. Tunggu beberapa saat hingga pasta gigi bereaksi dengan urine. Jika muncul busa dan juga pasta gigi berubah warna menjadi biru, itu dapat menjadi tanda bahwa Anda hamil.

8. Menggunakan urine saja

Tes kehamilan dengan menggunakan urine saja juga dipercaya dapat mendeteksi kehamilan. Caranya adalah dengan menaruh urine di dalam wadah dan mendiamkannya selama 3 hingga 4 jam. Kemunculan banyak busa di atas permukaan urine, dipercaya sebagai salah satu tanda kehamilan.

Itu dia berbagai jenis tes kehamilan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun perlu diketahui bahwa tes kehamilan dengan garam dan tes-tes lainnya ini tidak dapat dikatakan sepenuhnya akurat. Sama halnya seperti menggunakan test pack, tes sejenis ini juga terkadang tidak dapat mendeteksi kehamilan dengan akurat.

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui kehamilan lebih awal. Sebagai langkah selanjutnya Anda dan pasangan bisa langsung berkonsultasi ke dokter untuk memastikan hasil tes atau untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. Semoga informasi tentang tes kehamilan ini bermanfaat dan selamat mencoba!