Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pemeriksaan kehamilan yang rutin dan lengkap dapat membantu menjaga dan memantau kondisi kehamilan Anda. Salah satu pemeriksaan yang biasa dilakukan adalah melakukan tes darah. Apa saja yang bisa didapatkan dari hasil tes darah saat kehamilan?

Tes Darah Apa Saja yang Diperlukan Saat Hamil?

Photo Credit: Markus Spiske

Jenis tes darah saat hamil dan manfaatnya

Tes darah bertujuan untuk mengetahui apakah ibu hamil atau janin mengalami masalah tertentu. Melalui tes darah, Anda dapat mengetahui kondisi dan potensi masalah yang mengintai kesehatan Anda dan janin sehingga dapat dicegah sedini mungkin.

Beberapa tes darah yang perlu dilakukan selama hamil antara lain:
1. Tes darah lengkap
Tes darah lengkap bertujuan untuk memeriksa kemungkinan anemia yang sering dialami oleh ibu hamil. Dengan pemeriksaan ini Anda dapat mengetahui gangguan pembekuan darah, gangguan fungsi ginjal atau hati.

2. Tes rhesus
Anda juga memerlukan tes rhesus untuk mengetahui rhesus antibodi yang dapat berdampak pada janin. Jika orang tua memilki rhesus yang sama dengan anak, umumnya tidak terjadi masalah. Namun apabila Anda memiliki rhesus negatif sedangkan ayah rhesus positif, maka si kecil memiliki kemungkinan untuk memiliki rhesus positif dan negatifn dan kemungkinan mengalami masalah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Tes gula darah
Tes kadar gula darah dilakukan sebanyak 3 kali, yaitu tes kadar gula darah puasa, kadar gula darah setelah mengonsumsi gula, dan kadar gula darah setelah 2 jam mengonsumsi kalori. Dari hasil pemeriksaan dapat diketahui apakah Anda memiliki risiko diabetes gestasional. Pemeriksaan ini penting untuk memperkecil risiko obesitas pada janin, hipoglikemia atau keguguran.

4. Tes infeksi

Tes darah untuk infeksi dapat berupa pemeriksaan TORCH untuk mengetahui sekumpulan infeksi yang disebabkan parasit toxoplasma gondii, virus rubella, citomegalovorus (CMV), dan Herpes Simplex (HSV). Selain itu tes darah ini juga dapat mengetahui keberadaan vivrus hepatitis B pada tubuh ibu.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi