Terus Sendawa, Normal atau Berbahaya?

DokterSehat.Com– Bersendawa adalah hal yang wajar untuk kita lakukan, apalagi setelah makan. Hanya saja, kita memang sebaiknya menutup mulut saat melakukannya, khususnya jika ada orang lain di sekitar kita karena bisa dianggap sebagai hal yang tidak sopan.

Pakar kesehatan menyebut sendawa sebagai cara alami tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gas yang ada di dalam perut. Hal ini disebabkan oleh saat makan atau minum, tanpa sengaja kita juga menelan gas dalam jumlah yang cukup banyak. Saat kita berbicara atau mengonsumsi minuman bersoda, udara juga akan masuk ke dalam perut sehingga tubuh akan melakukan mekanismenya tersendiri untuk mengeluarkannya.

Hanya saja, terkadang kita merasakan sendawa yang muncul dengan frekuensi yang sangat sering. Apakah hal ini menandakan sesuatu yang tidak baik pada tubuh kita?

Web MD menyebut sendawa yang muncul terlalu sering menandakan adanya masalah gastroesophageal reflux disease atau GERD, kondisi yang lebih sering kita anggap sebagai masalah asam lambung. Kondisi ini terjadi saat asam lambung di dalam perut sangat tinggi sehingga gas pun akan ikut naik ke kerongkongam. Masalahnya adalah, banyaknya asam lambung ini akan bisa menyebabkan infeksi atau iritasi pada lambung.

Kondisi lain yang bisa membuat kita terus bersendawa adalah dyspepsia yang biasanya disertai dengan gejala mual-mual, nyeri pada bagian dada dan perut atau heartburn, dan sensasi kembung yang cukup parah. Selain itu, terkadang kondisi ini juga terkait dengan infeksi bakteri berjenis helicobacter pylori yang bisa memicu bisul dalam lambung atau infeksi pencernaan lainnya.

Kondisi lain yang sebaiknya patut untuk diwaspadai jika sering mengeluarkan sendawa adalah sindrom iritasi usus. Selain sering bersendawa, masalah kesehatan ini juga akan menimbulkan gejala seperti perut kembung dan sembelit.

Berbagai masalah kesehatan ini tidak bisa disepelekan begitu saja, apalagi jika berlangsung terlalu sering atau dalam durasi waktu yang cukup lama. Segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan jika sampai mengalaminya agar bisa segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Selain itu, pastikan untuk menerapkan pola makan yang sehat demi mencegahnya.