10 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Doktersehat-manfaat-susu-kambing
Photo Credit: Flickr.com/Nisi Skyhorse

DokterSehat.ComĀ – Banyak orang yang berpikir jika bagian tubuh kambing yang bisa dikonsumsi hanyalah dagingnya saja. Padahal, terdapat hal lain yang bisa dimanfaatkan yaitu air susunya. Apa saja manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh?

Perlu diketahui, dalam segelas susu kambing, Anda bisa menemukan sekitar 170 kalori, 27 miligram kolesterol, 11 gram karbohidrat, 10 gram protein, dan 6,3 miligram lemak jenuh.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan kandungan seperti selenium, seng, tembaga, potasium, fosfor, magnesium, riboflavin, serta berbagai macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin C, dan vitamin D.

Berikut adalah berbagai manfaat susu kambing yang berguna bagi tubuh, di antaranya:

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat susu kambing yang bisa Anda dapatkan adalah terjaganya kesehatan tulang. Susu kambing kaya akan kalsium dan fosfor yang berguna bagi pembentukan tulang. Susu kambing mengandung lebih banyak vitamin A, potasium, dan niacin jika dibandingkan dengan susu sapi. Namun susu kambing mengandung lebih sedikit asam folat, vitamin B12, dan selenium.

  1. Mengobati diabetes

Bagi Anda penderita diabetes, susu kambing adalah asupan baik yang bisa Anda konsumsi. Khasiat susu kambing ini bisa didapatkan berkat kandungan A2-Betakasein dan Asam Amino Esensial sangat baik bagi penderita diabetes untuk pembentukan insulin. Untuk mendapatkan manfaat susu kambing dengan maksimal, minumlah susu kambing tanpa tambahan pemanis.

  1. Mengobati gangguan pernapasan

Flourin dan betakasein yang terkandung dalam susu kambing sangat baik untuk mengobati penyakit gangguan pernapasan. Manfaat susu kambing sangat berguna bagi Anda yang mempunyai penyakit asma atau gangguan pernapasan lain.

  1. Mengobati penderita psoriasis

Manfaat susu kambing juga bisa dirasakan oleh mereka yang menderita peradangan kulit menahun (psoriasis). Beberapa kasus menunjukkan penderita psoriasis merasa mengalami perbaikan gejala setelah mengganti asupan susu sapi dengan susu kambing. Akan tetapi, sejauh ini belum terdapat penelitian yang menerangkan efek ini secara rinci.

  1. Tinggi kalori

Dalam satu cangkir susu kambing terkandung 168 kalori. Namun, terdapat juga sekitar 6,5 gram lemak jenuh. Jumlah lemak jenuh dan kalori pada susu kambing ini lebih tinggi dibandingkan susu sapi.

Perlu diingat, mengonsumsi susu lemak jenuh dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Karena itu, sebaiknya jaga asupan susu kambing jika ingin menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

  1. Mencegah penyakit saraf

Kandungan kalsium pada susu kambing sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang, gigi serta mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan zinc dan magnesium yang merupakan antioksidan dalam susu kambing juga dapat mencegah penyakit saraf.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bagi Anda yang sering sakit, sepertinya Anda bisa mengambil manfaat susu kambing untuk mengatasi masalah ini. Hal disebabkan karena susu kambing mengandung lebih banyak flourin daripada susu sapi.

  1. Meningkatkan produksi ASI

Karena kandungan kalsium susu kambing lebih banyak dibanding dengan susu sapi, tentunya susu kambing baik dikonsumsi oleh wanita hamil terutama pada usia 6 bulan. Pada masa ini janin membutukan kalsium untuk menguatkan dan pembentukan tulang.

Selain itu, susu kambing juga meningkatkan produksi ASI. Para dokter kandungan pun sangat menganjurkan bagi wanita hamil dan menyusui untuk mengonsumsi susu kambing.

  1. Membantu meningkatkan kecerdasan

Manfaat susu kambing lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan otak tetap optimal. Hal ini berkat kandungan Riboflavin (Vit B2) dan B3. Kedua zat ini sangat bermanfaat dalam tumbuh kembang sel otak dan sel sistem saraf. Bagi ibu hamil, mengonsumsi susu kambing sangat baik karena dapat meningkatkan kecerdasan anak dalam kandungan.

  1. Lebih mudah dicerna tubuh

Dengan kandungan laktosa yang lebih rendah daripada susu sapi, hal itu membuat susu kambing lebih mudah diserap tubuh. Selain itu, gumpalan protein susu kambing yang dibentuk oleh aktivitas asam lambung lebih lembut sehingga akan lebih mudah dicerna. Namun, bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi susu kambing.

Nah, itulah manfaat susu kambing yang berguna bagi kesehatan Anda. Selamat mencoba.