Ternyata Warna Air Kencing Punya Arti Berbeda, Simak Yuk!

air-kencing-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Penyakit di dalam tubuh bisa diketahui dengan berbagai tanda, baik tanda yang bisa dirasakan, seperti sakit maupun tanda yang hanya bisa dilihat, seperti warna air seni. Air seni yang sehat biasanya berwarna kuning bening. Jika air seni berubah warna setiap harinya, maka bisa jadi Anda terjangkit suatu penyakit karena air seni tidak serta merta berubah tanpa alasan.

Photo Credit : pexels.com

Setiap warna air seni memiliki maksud dan penyebab yang berbeda terhadap kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa macam warna air seni yang bisa Anda pahami maksudnya.

  • Warna Orange

Jika air seni Anda berwarna orange, bisa jadi karena reaksi obat yang Anda minum. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi buah wortel juga bisa menyebabkan air seni berwarna orange. Namun, ada kemungkinan juga Anda mengalami dehidrasi sehingga sangat dianjurkan bagi Anda untuk minum air putih lebih banyak.

  • Warna Bening atau Transparan

Seseorang disarankan untuk meminum air putih minimal delapan gelas setiap hari. Akan tetapi, jika Anda meminum air putih terlalu banyak, maka air seni Anda akan berwarna bening atau transparan. Hal ini berisiko bagi kesehatan Anda seperti terjadinya penipisan garam dalam tubuh sehingga terjadi ketidakseimbangan kimia di dalam tubuh Anda. Untuk itu, minumlah air putih secukupnya saja.

  • Warna Kemerahan

Saat Anda sedang memakan buah berry atau buah naga terlalu banyak, air seni Anda pasti akan berwarna kemerahan. Hal itu sangatlah wajar. Namun, jika Anda tidak mengonsumsi buah tersebut tapi air seni Anda berwarna kemerahan dan bercampur darah, itu sangat tidak biasa dan sangat mengkhawatirkan. Kemungkinan besar Anda terkena penyakit infeksi saluran kemih, ginjal, tumor, bahkan kanker.

  • Warna Hijau

Air seni berwarna hijau bisa jadi karena Anda terlalu banyak mengonsumsi asparagus atau sayur hijau lainnya. Umumnya, air seni berwarna hijau hanya bertahan dalam 2-3 hari saja. Namun, jika lebih dari tiga hari maka ada baiknya Anda harus segera periksa ke dokter karena bisa jadi Anda terkena infeksi saluran kemih langka yang disebabkan oleh bakteri pseudomonas.

  • Warna Cokelat

Saat Anda mengalami dehidrasi, air seni Anda akan berwarna orange bahkan cokelat. Namun, perlu Anda ketahui bahwa jika Anda sudah meminum air putih yang banyak tapi air seni Anda masih berwarna cokelat, maka itu adalah tanda bahwa ada masalah pada hati dan ginjal Anda. Untuk itu, Anda harus segera periksa ke dokter untuk mengetahuinya agar segera ditangani.