Masih Ragu untuk Mandi Malam? Inilah Manfaat yang Bisa Didapatkan

Doktersehat-manfaat-mandi-malam

DokterSehat.Com – Anda tentu sering mendengarkan nasihat dari orang tua yang melarang untuk mandi di malam hari dengan alasan menimbulkan masalah rematik. Padahal, banyak orang bekerja atau melakukan banyak aktivitas hingga malam hari yang merasa harus mandi karena badannya terasa gerah dan lengket.

Bagaimana pandangan dunia medis terkait mandi malam? Menurut dr. Amy Shah, mandi malam justru memberikan manfaat. Apa saja manfaat mandi malam?

Terkecuali di hari yang sangat dingin, mandi malam akan membuat badan Anda menjadi lebih segar, apalagi jika Anda banyak melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat dan terkena debu atau banyak kotoran.

baca juga: Seputar Mandi Malam dan Rematik

Dengan badan yang segar, dr. Amy mengungkapkan Anda akan lebih nyaman dan mendapatkan tidur yang nyenyak. Dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, maka hal ini akan otomatis mendukung kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Selain itu, dr. Amy juga mengungkapkan bahwa, manfaat mandi malam sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki asma, alergi, hingga masalah ruam-ruam pada kulit. Hal ini dikarenakan mandi malam akan membuat Anda terbebas dari berbagai debu, kotoran, hingga polusi yang menempel pada kulit dan rambut. Padahal, hal-hal tersebut yang bisa memicu kambuhnya alergi dan asma.

Tak hanya debu, kotoran, hingga polusi, dengan mandi malam Anda juga akan membersihkan tubuh dari berbagai bahan kimia layaknya lotion, parfum, atau make-up yang jika dibiarkan, bisa meresap pada kulit dan menimbulkan masalah kesehatan layaknya ruam-ruam dan jerawat pada kulit.

Dokter Amy lebih menyarankan untuk mandi malam dengan air hangat dengan alasan bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Air hangat sendiri dikenal cukup efektif meredakan pikiran yang stres dan penat akibat dari aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu akan membuat Anda bisa tidur dengan lebih cepat dan lebih nyenyak.

Mandi Malam dan Kaitannya dengan Penyakit Tertentu

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa mandi malam memiliki efek samping yang signifikan. Beberapa penemuan mengungkapkan mandi malam hari dapat membantu relaksasi sehingga tubuh lebih rileks saat tidur. Beberapa mitos mengenai mandi di malam hari seperti dapat menyebabkan rematik atau paru-paru basah adalah sesuatu yang tidak benar.

Rematik disebabkan oleh sebuah proses autoimun yang belum dapat dijelaskan sedangkan paru-paru basah atau TBC paru adalah sebuah penyakit infeksi oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa.

Perlu diketahui, kedua penyakit itu tidak dipengaruhi oleh mandi malam. Selain itu, efek dari perbedaan suhu antara suhu tubuh yang lebih hangat setelah beraktivitas dengan suhu air yang lebih dingin juga masih dipertanyakan. Hal ini juga belum terbukti menimbulkan penyakit. Ada baiknya Anda memilih menggunakan air yang lebih hangat atau menunggu suhu tubuh agak turun sebelum mandi malam hari.

Perlu diketahui, beberapa orang yang dianjurkan mandi malam yaitu orang yang akan menjalani operasi pada malam hari dan orang yang berkeringat banyak saat siang dan sore hari.

Mandi malam tidak dianjurkan untuk bayi, karena bayi sangat rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama kehidupannya. Suhu dingin bisa menyebabkan hipotermia, yaitu kondisi ketika temperatur tubuh seseorang turun drastis hingga di bawah 35 derajat Celcius. Selain itu, bayi rentan mengalami hipotermia karena belum sempurnanya kemampuan tubuh untuk mengatur suhu.

baca juga:  Manfaat Mandi Susu, Bisa Buat Sendiri di Rumah!

Mandi malam juga sebaiknya dihindari orang yang memiliki riwayat alergi dingin, asma yang sering kambuh, flu, atau sedang demam. Perlu diingat bahwa mandi malam tidak menyebabkan penyakit tersebut, tapi suhu dingin karena mandi malam akan memperparah penyakit-penyakit tertentu.

Pada akhirnya, mandi malam ternyata menyimpan banyak manfaat ketimbang bahayanya. Apabila Anda tidak tahan dengan air dingin, Anda bisa menggunakan air hangat agar lebih nyaman.