Terbit: 12 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Anda tentu sering mendengarkan nasihat dari orang tua yang melarang untuk mandi di malam hari dengan alasan menimbulkan masalah rematik. Padahal, banyak orang bekerja atau melakukan banyak aktivitas hingga malam hari yang membuatnya harus mandi karena badannya terasa gerah dan lengket. Lantas, adakah manfaat mandi malam?

Masih Ragu untuk Mandi Malam? Ini 7 Manfaat yang Bisa Didapatkan

Menilik Manfaat Mandi Malam

Jika berbicara mengenai mandi malam, sebagian besar masyarakat masih meyakini bahwa mandi malam hari membahayakan kesehatan. Namun, hal itu belum bisa dibuktikan sepenuhnya, karena penelitian terkait hal ini masih terbatas. Akan tetapi, bukan berarti mandi malam bebas dilakukan oleh siapa saja, terutama pada bayi.

Lantas, bagaimana pandangan dunia medis terkait mandi malam? Menurut dr. Amy Shah, mandi malam justru memberikan manfaat. Apa saja manfaat mandi malam?

Terkecuali di hari yang sangat dingin, mandi malam akan membuat badan Anda menjadi lebih segar, apalagi jika Anda banyak melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat dan terkena debu atau banyak kotoran.

baca juga: Seputar Mandi Malam dan Rematik

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Dengan badan yang segar, dr. Amy mengungkapkan Anda akan lebih nyaman dan mendapatkan tidur yang nyenyak. Dengan mendapatkan tidur yang berkualitas, maka hal ini akan otomatis mendukung kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Selain itu, dr. Amy juga mengungkapkan bahwa, manfaat mandi malam sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki asma, alergi, hingga masalah ruam-ruam pada kulit. Hal ini dikarenakan mandi malam akan membuat Anda terbebas dari berbagai debu, kotoran, hingga polusi yang menempel pada kulit dan rambut. Padahal, hal-hal tersebut yang bisa memicu kambuhnya alergi dan asma.

Tak hanya debu, kotoran, hingga polusi, dengan mandi malam Anda juga akan membersihkan tubuh dari berbagai bahan kimia layaknya lotion, parfum, atau make-up yang jika dibiarkan, bisa meresap pada kulit dan menimbulkan masalah kesehatan layaknya ruam-ruam dan jerawat pada kulit.

Dokter Amy lebih menyarankan untuk mandi malam dengan air hangat dengan alasan bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman. Air hangat sendiri dikenal cukup efektif meredakan pikiran yang stres dan penat akibat dari aktivitas sehari-hari. Hal ini tentu akan membuat Anda bisa tidur dengan lebih cepat dan lebih nyenyak.

Nah, itulah keuntungan mandi malam yang bisa Anda dapatkan. Perlu Anda ketahui juga bahwa mendapatkan 7-9 jam per malam untuk tidur adalah sesuatu yang penting, karena hal itu bisa memengaruhi tingkat produktifitas Anda sehari-hari. Berikut adalah manfaat mandi malam lainnya bagi kesehatan, antara lain:

1. Menghindari jerawat

Apabila Anda langsung membaringkan badan di tempat tidur dengan minyak dan keringat pada tubuh, hal itu bisa menyebabkan munculnya jerawat. Membersihkan seluruh bagian tubuh dengan sabun dapat membantu memerangi jerawat.

Menurut National Sleep Foundation, mencuci muka sebelum tidur dapat membantu mengurangi jerawat, meningkatkan kelembapan kulit, mencegah keriput dan mengurangi kemungkinan Anda terkena infeksi mata.

2. Mengatasi alergi musiman

Apabila Anda memiliki alergi musiman, seperti alergi terhadap serbuk sari, alergi kulit yang berasal dari pakaian, maka khasiat mandi malam hari yang bisa didapatkan adalah membantu menghilangkan residu pada tempat tidur. Residu yang terdapat di seprai dapat membuat gejala yang lebih buruk dan mengganggu kualitas tidur.

3. Meningkatkan Relaksasi

Mandi malam sehat karena aktivitas tersebut membantu Anda meredakan ketegangan dan kecemasan sekaligus meningkatkan relaksasi. Karena itulah, efek mandi malam ini dipercaya mengatasi masalah mental. Mandi malam dengan air hangat dapat membuat waktu tidur lebih panjang.

4. Menjaga kesehatan kulit

Hormon pertumbuhan mengatur perubahan pada kulit, sedangkan hormon seks memengaruhi ukuran kelenjar minyak pada tubuh. Kedua hormon tersebut memuncak pada malam hari, sehingga manfaat mandi malam yang bisa didapatkan adalah menghilangkan rangsangan eksternal dari permukaan kulit, dan menjaga keseimbangan hormon. Mandi malam pada akhirnya memberikan hormon terbaik bagi kulit untuk menjaga fungsinya tetap optimal.

5. Menghindari kuman di tempat tidur

Salah satu bagian tubuh yang banyak mengandung bakteri adalah kepala. Jika Anda tidur tanpa membilas rambut, hal itu bisa membuat bantal atau tempat tidur Anda terkontaminasi bakteri, sehingga membuat wajah Anda rentan mengalami jerawat.

6. Rutinitas pagi yang lebih baik

Mandi pagi hari pada dasarnya efektif membuat tubuh Anda lebih segar. Namun, jika pada malam harinya Anda sudah mandi, maka ketika mandi pagi Anda tidak perlu lagi meluangkan banyak waktu untuk mengeringakan tubuh. Sisa waktu tersebut dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas aktivitas di pagi hari seperti menulis, membaca atau berbincang dengan anggota keluarga.

7. Meningkatkan waktu tidur

Manfaat mandi malam yang terakhir adalah meningkatkan kualitas tidur Anda. Perlu diketahui, suhu tubuh adalah komponen kunci dalam mengatur ritme sirkadian. Sejumlah penelitian mengungkapkan, bahwa menghangatkan tubuh dapat membantu untuk tidur lebih cepat. Waktu terbaik untuk mandi malam adalah setengah jam sebelum tidur.

Mandi Malam dan Kaitannya dengan Penyakit Tertentu

Setelah Anda mendapatkan penjelasan mengenai manfaat mandi malam, perlu diketahui bahwa sampai saat ini, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa mandi malam memiliki efek samping yang signifikan. Beberapa mitos mengenai mandi di malam hari seperti dapat menyebabkan rematik atau paru-paru basah adalah sesuatu yang tidak benar.

Rematik disebabkan oleh sebuah proses autoimun yang belum dapat dijelaskan sedangkan paru-paru basah atau TBC paru adalah sebuah penyakit infeksi oleh bakteri Mycobacterium tuberculosa. Kedua penyakit itu tidak dipengaruhi oleh mandi malam.

Selain itu, efek dari perbedaan suhu antara suhu tubuh yang lebih hangat setelah beraktivitas dengan suhu air yang lebih dingin juga masih dipertanyakan. Hal ini juga belum terbukti menimbulkan penyakit. Ada baiknya Anda memilih menggunakan air yang lebih hangat atau menunggu suhu tubuh agak turun sebelum mandi malam hari.

Perlu diketahui, beberapa orang yang dianjurkan mandi malam yaitu orang yang akan menjalani operasi pada malam hari dan orang yang berkeringat banyak saat siang dan sore hari.

baca juga:  Manfaat Mandi Susu, Bisa Buat Sendiri di Rumah!

Mandi malam tidak dianjurkan untuk bayi, karena bayi sangat rentan terhadap ketidakstabilan suhu pada tiga bulan pertama kehidupannya. Suhu dingin bisa menyebabkan hipotermia, yaitu kondisi ketika temperatur tubuh seseorang turun drastis hingga di bawah 35 derajat Celcius. Selain itu, bayi rentan mengalami hipotermia karena belum sempurnanya kemampuan tubuh untuk mengatur suhu.

Mandi malam juga sebaiknya dihindari orang yang memiliki riwayat alergi dingin, asma yang sering kambuh, flu, atau sedang demam. Perlu diingat bahwa mandi malam tidak menyebabkan penyakit tersebut, tapi suhu dingin karena mandi malam akan memperparah penyakit-penyakit tertentu.

Pada akhirnya, manfaat mandi malam ternyata menyimpan banyak sisi positif ketimbang bahayanya. Apabila Anda tidak tahan dengan air dingin, Anda bisa menggunakan air hangat agar lebih nyaman.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi