Sinusitis Ternyata Bisa Diobati dengan Air Garam

penyakit-sinusitis-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com

DokterSehat.Com – Sinusitis atau radang rongga hidung merupakan penyakit yang terjadi akibat peradangan atau pembengkakan jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika terjadi penyumbatan dan timbul cairan, virus dan bakteri akan mudah berkembang sehingga menyebabkan infeksi.

Secara visual orang yang kena sinusitis tidaklah terlihat seperti orang sakit, namun gejala yang timbul karena sinusitis ini sangat mengganggu penderita di antaranya napas bau, sakit kepala, hidung tersumbat dan lain sebagainya.

Obat sinus ini secara medis dibagi dalam 3 jenis berdasarkan penyebab timbulnya sinusitis, penyebab umum sinusitis adalah karena serangan virus, bakteri dan jamur.

Biasanya jika sinusitis meradang karena bakteri (setelah dilakukan uji lab) maka dokter akan memberikan obat antibiotik dalam proses penyembuhannya. Namun sebelum Anda menggunakan obat kimia ada baiknya ikuti tips berikut dimana hanya dengan terapi air garam bisa mengobati sinusitis.

Para dokter spesialis THT di Amerika sudah sejak lama selalu menyarankan kepada pasien sinusitis, agar menggunakan air garam sebagai pembersih rongga hidung agar sinus tidak meradang dan bisa sembuh secara permanen. Sebab kandungan air garam mirip sekali dengan sel tubuh manusia dan merupakan anti-bakterial yang sangat ampuh. Sebaiknya gunakan garam asli yang belum dicampur yodium.

Cara Mengobati Sinusitis dengan Air Garam

Berikut ini cara yang ampuh dapat mengobati sinusitis secara alami di rumah dengan menggunakan garam dan uap air:

1. Teknik pot neti

Pot neti atau netipot untuk hidung merupakan ceret atau teko berukuran kecil khusus untuk memasukkan air ke rongga hidung. Caranya masukkan air hangat ke dalam pot neti beserta garam seperempat sendok lalu air garam tersebut di masukkan ke rongga hidung kiri sehingga air keluar dari rongga hidung sebelah kanan, kemudian lakukan sebaliknya dari sebelah kanan ke kiri.

Cara ini sangat ampuh untuk membersihkan rongga hidung dari bakteri dan menghilangkan peradangan, jika dilakukan secara rutin maka sinusitis akan bisa sembuh secara permanen.

2. Teknik uap air

Air panas ditempatkan di dalam baskom kecil yang dicampur garam lalu uap air tersebut difokuskan di bawah hidung, tutuplah kepala dengan handuk agar uap air garam tersebut tidak berterbangan tanpa arah. Cara ini paling ampuh untuk melegakan hidung tersumbat karena sinusitis yang meradang.

Teknik pengobatan sinusitis dengan air garam merupakan obat sinusitis alami yang sangat mudah dan murah, dibandingkan dengan pengobatan sinusitis yang umum dilakukan secara medis kedokteran maupun obat herbal sinusitis. Anda hanya membutuhkan garam dan netipot, alat ini bisa Anda dapatkan di apotik atau di toko makanan kesehatan.

Pengobatan Sinusitis Lainnya

Selain menggunakan dua teknik alami di atas, berikut beberapa cara yang dapat mengobati sinusitis lainnya:

1. Bromelain

Dijual sebagai suplemen, bromelain adalah protein yang ditemukan dalam batang nanas. Selama bertahun-tahun telah digunakan untuk mengurangi pembengkakan. Bromelain bermanfaat dan membantu mengurangi pembengkakan di saluran hidung. Pastikan untuk berbicara dengan dokter terlebih dahulu, karena bromelain dapat berinteraksi dengan obat lain yang Anda minum. Dan pastikan untuk mengikuti instruksi pemberian dosis yang tepat.

2. Minumlah

Air sebagai obat alami sinusitis. Tetap terhidrasi untuk membantu tubuh Anda dalam banyak cara, termasuk menjaga sinus tetap lembab. Minumlah air sepanjang hari dan pastikan untuk menghindari minuman berkafein atau beralkohol, yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Meskipun asupan cairan yang direkomendasikan berbeda dari orang ke orang, pedoman mudah adalah minum setidaknya delapan gelas sehari. Bagaimana Anda bisa tahu jika mendapatkan cukup cairan? Jika warna urine Anda jernih, maka Anda terhidrasi.

3. Konsumsi makanan mengandung rempah-rempah

Obat herbal sinusitis dengan mengonsumsi makanan pedas seperti mustard, cabai, kari, lobak, dan wasabi dapat membantu membersihkan sinus. Jika Anda suka rempah-rempah, pertimbangkan untuk menambahkan bumbu pedas ke dalam makanan untuk membuka saluran hidung.

4. Kapan harus menemui dokter?

Jika nyeri sinus tidak membaik dengan bantuan obat sinusitis alternatif, dokter dapat melakukan CT scan hidung dan sinus untuk mencari penyumbatan anatomi yang dapat diobati dengan pembedahan, seperti septum hidung yang menyimpang atau polip hidung. Jika nyeri sinus berlangsung selama satu minggu atau lebih dan mengalami demam, Anda harus menemui spesialis telinga, hidung dan tenggorokan, karena Anda mungkin memerlukan perawatan yang lebih daripada yang disediakan oleh pengobatan alami.

Mudah bukan? Sila mencobanya di rumah, Teman Sehat! Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga di rumah.