Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes tidak lagi bisa mengonsumsi makanan dengan sembarangan karena bisa membuat mereka lebih rentan terkena komplikasi mematikan. Lantas, sebenarnya makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Terlihat Sehat, Makanan Ini Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

Dilansir dari Express, cukup banyak penderita diabetes yang masih salah dalam menerapkan diet harian sehingga kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah. Padahal, kadar gula darah yang tak terkendali inilah yang bisa memicu komplikasi diabetes.

Beberapa jenis makanan seperti kentang, ikan, daging, telur, dan kacang-kacangan kerap kali dianggap sebagai makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Namun, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk berhati-hati dengan lemak trans yang bisa jadi ditemukan dalam makanan yang terlihat sehat. Sebagai informasi, lemak trans bisa merusak keseimbangan kadar gula darah dalam tubuh mereka.

Beberapa jenis makanan yang kaya akan lemak trans seperti gorengan, margarin, dan selai kacang mampu memicu peradangan, resistensi insulin, dan menurunkan kadar kolesterol baik dengan signifikan. Hal ini berarti, tak hanya membuat diabetes menjadi semakin memburuk, risiko untuk terkena penyakit jantung juga meningkat.

Sayuran dan buah memang sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes, hanya saja, ada baiknya mereka menghindari asupan buah kering. Meskipun dibuat dari bahan makanan sehat, buah kering memiliki kadar gula yang sangat tinggi sehingga bisa membuat kadar gula darah meningkat drastis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Penderita diabetes juga harus memperhatikan seberapa banyak asupan kalori harian mereka karena jika sampai terlalu banyak, maka risiko untuk mengalami kenaikan kadar gula darah yang bisa memicu komplikasi juga meningkat.

Para penderita diabetes memang harus benar-benar berhati-hati dengan makannya ya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi