Terlambat Haid Tidak Selalu Pertanda Hamil, Ini Penyebabnya

penyebab-telat-haid-doktersehat

DokterSehat.Com – Salah satu tanda kehamilan adalah terlambat haid. Namun, tidak selamanya telat haid selalu menjadi tanda kehamilan, akan tetapi justru tanda adanya gangguan kesehatan. Lantas, apa penyebab telat haid tetapi tidak hamil?

Mengapa Telat Haid Tidak Selalu jadi Tanda Kehamilan?

Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil tentu sering merasa berdebar ketika mendekati tanggal menstruasi. Terlambat menstruasi merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling mudah diamati. Namun, telat haid di sini bisa jadi adanya gangguan pada kesehatan. Berikut adalah penyebab telat haid yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

PCOS merupakan salah satu gangguan ketidakseimbangan hormon kehamilan di mana wanita memiliki folikel tambahan yang membuat sel telur dilepas lebih lama dari biasanya. Kadang kala jika tidak ada telur yang dilepas maka tidak terjadi menstruasi.

2. Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab terlambat haid. Stres sendiri memengaruhi hipotalamus sehingga menyebabkan gangguan hormon yang menstimuli indung telur. Seorang perempuan yang sedang dilanda stres umumnya mengalami menstruasi yang tidak teratur

3. Penurunan berat badan berlebihan

Penyebab telat haid bisa disebabkan oleh penurunan berat badan yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan gangguan hormon yang menyebabkan menstruasi datang terlambat.

“Kehilangan berat badan dan anoreksia berat dapat mematikan hormon stimulasi folikel (FSH) dan hormon luteinizing (LH) yang mengatur ovarium,” kata dr. Vyas, spesialis kandungan dari Houston Methodist Obstetrics and Gynecology Associates.

 

4. Tumor pituitari

Meskipun kondisi ini langka dan jarang terjadi, terkadang prolaktinoma–sejenis tumor pituitari yang bertugas untuk mengatur hormon prolaktin untuk produksi ASI adalah penyebab telat haid.

Jika Anda mengalami sakit kepala, penglihatan buram dan muncul cairan dari payudara padahal tidak menyusui, maka periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui kemungkinan memiliki tumor ini.

5. Kelenjar tiroid terlalu aktif

Penyebab telat haid lainnya karena kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk mengatur metabolisme tubuh yang bisa berdampak pada kadar hormon. Perubahan hormon juga dikaitkan dengan perubahan gula darah. Karena inilah penderita diabetes yang gula darahnya tidak mampu dikontrol mengalami haid tidak teratur.

6. Sedang mengonsumsi pil kontrasepsi

Jika Anda sedang mengonsumsi pil konstrasepsi, hal itu mungkin saja menjadi penyebab telat haid. Pil kontrasepsi sendiri mengandung hormon progestin dan estrogen yang membuat indung telur tertahan untuk melepaskan sel telur.

Selain pil, jenis kontrasepsi seperti suntik atau implan bisa menjadi penyebab terlambat haid. Jika Anda sudah tidak menggunakan alat kontrasepsi, pada umumya dibutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk mengembalikan siklus haid kembali normal.

Perlu Anda ketahui juga, penyebab telat haid juga bisa disebabkan akibat konsumsi obat-obatan seperti antipsikotik, kemoterapi dan antidepresan.

7. Menopause dini

Perempuan di bawah usia 40 tahun bisa mengalami menopause dini. Perlu diketahui, sebelum seorang wanita mengalami menopause siklus haidnya menjadi tidak teratur. Selain itu Anda juga akan mengalami beberapa gejala menopause seperti vagina kering dan berkeringat di malam hari.

Beberapa gejala lainnya adalah sulit mengendalikan buang air kecil serta kulit, mata hingga mulut menjadi lebih kering. Menopause pada sebagian besar wanita mengakibatkan gangguan emosi hingga menurunnya gairah seksual. Namun, akan lebih baik apabila menopause dipastikan oleh dokter.

8. Olahraga yang berlebihan

Olahraga berat memicu risiko terjadinya amenorrhea–tidak mengalami menstruasi selama 3 siklus berturut-turut atau lebih. Kondisi ini umumnya terjadi pada atlet. Jangan paksakan untuk berolahraga ketika Anda sedang cedera atau cuaca kurang mendukung.

9. Kadar hormon prolaktin terlalu tinggi

Seorang wanita yang sedang menyusui bisa menjadi penyebab telat haid, bahkan pada beberapa kasus seorang wanita berhenti haid saat memasuki periode ini. Tanda-tanda kadar hormon prolaktin yang terlalu tinggi dapat terlihat dari keluarnya cairan seperti susu dari puting payudara, baik saat Anda hamil, menyusui, atau tidak keduanya.

10. Sedang menyusui

Beberapa perempuan tidak mengalami siklus menstruasi selama beberapa bulan ketika sedang masa menyusui. Hal ini disebabkan hormon yang memegang peran penting dalam menyusui alias hormon prolaktin menekan ovulasi.

Namun, dengan kondisi ini bukan berarti Anda tidak bisa hamil, pembuahan tetap bisa terjadi meski Anda tidak mendapatkan haid. Setelah menyapih, siklus menstruasi Anda bisa kembali normal dalam waktu  6-8 minggu.

11. Kebiasaan merokok

Penyebab telat haid juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan seorang wanita yang sering merokok. Zat-zat yang ada di dalam rokok seperti nikotin, bisa memengaruhi hormon progesteron dan estrogen di mana kedua hormon itu memainkan peran penting dalam siklus menstruasi.

12. Peningkatan berat badan

Tidak hanya menurunnya berat badan secara drastis yang menjadi penyebab telat haid, ternyata bertambahnya berat badan juga bisa memicu perubahan hormonal dalam tubuh wanita.

Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang wanita yang indeks massa tubuh nya berada pada angka 25-30 atau lebih, mempunyai risiko tinggi mengalami telat haid. Guna mengatasi hal ini, Anda disarankan untuk melakukan olahraga dan diet.

13. Pertama kali menstruasi

Penyebab telat haid yang terakhir bisa disebabkan karena baru pertama kali mengalami menstruasi. Masa ini bisa dialami saat masa pra-remaja atau remaja. Ini adalah sebuah kondisi yang normal saat menstruasi datang tidak teratur–bisa lebih cepat atau justru lebih lambat. Hal terjadi ini karena keseimbangan hormon yang belum berjalan baik.

Nah, itulah penyebab telat haid yang harus Anda tahu. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah telat haid jangan dibiarkan terlalu lama. Apabila dalam tiga bulan Anda tidak mengalami haid, segera temui dokter untuk mencari tahu penyebab terlambat haid dengan pasti dan mendapatkan penjelasan mengenai batas telat haid tanda hamil.