Terlambat Datang ke Sekolah, Alasan Siswa Ini Bikin Trenyuh

siswa_tidak_sarapan_doktersehat_1
Photo Source: Buzz Definitely Filipino

DokterSehat.Com– Sebagaimana di banyak tempat di Indonesia, masih banyak siswa sekolah yang ada di Filipina yang harus berangkat saat perutnya masih dalam kondisi kosong karena belum sempat sarapan. Banyak siswa yang bahkan tidak punya uang untuk membeli jajanan atau makan siang dan harus berjalan kaki sangat jauh demi mencapai sekolah.

Dilansir dari Buzz Definitely Filipino, seorang guru SMA bernama Christian Jay Padilla Ordina baru-baru ini mengunggah sebuah foto yang merupakan surat izin dari salah satu muridnya yang datang sangat terlambat. Guru Bongabon National High School yang ada di Baranggay Sinipit, Bongabon, Nueva Ecija ini menyebutkan bahwa pada 9 Juli 2018 lalu, salah seorang muridnya baru berangkat setelah jam makan siang dan dengan wajah malu memberikan surat izin kepadanya.

Dalam surat izin ini, tertulis bahwa perut sang murid berjenis kelamin perempuan ini kelaparan di pagi hari, namun ibunya tidak memiliki uang untuk mendapatkan sarapan atau bahkan uang saku baginya ke sekolah. Ia dan ibunya kemudian bekerja mencari uang terlebih dahulu sehingga bisa mencari makanan. Setelahnya, ia pun bisa berangkat ke sekolah meskipun sangat terlambat.

Bukannya marah, Christian justru sedih saat tahu bahwa muridnya mengalami kesulitan untuk mendapatkan sarapan pagi. Yang luar biasa adalah, warganet kemudian melakukan penggalangan dana bagi murid Christian yang diharapkan bisa membantu sang anak mendapatkan sarapan bergizi sebelum menuntut ilmu di sekolah.

Sarapan pagi adalah salah satu waktu makan paling penting bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh nutrisi dari sarapan pagi akan digunakan sebagai sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas, menjaga konsentrasi, sekaligus memastikan sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga membuat kita tidak mudah jatuh sakit.

Malas sarapan pagi akan membuat kita mudah lemas, susah mengendalikan berat badan, dan sulit untuk berkonsentrasi saat bekerja atau belajar. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu rutin melakukan sarapan pagi setidaknya sebelum pukul 9 pagi.