Terbit: 23 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak orang yang bergantung dengan gadget seperti komputer. Kini, banyak pegawai kantoran, mahasiswa, hingga anak-anak yang hobi berselancar di internet atau bermain game yang menggunakan komputer hingga berjam-jam lamanya. Yang menjadi masalah adalah, kebiasaan ini bisa memicu sindrom tired all the time (TATT).

Terlalu Lama Menggunakan Komputer? Siap-Siap Terkena Penyakit Ini

Dilansir dari Daily Mail, 1 dari 5 pengguna komputer atau gadget dalam waktu yang lama akan mengalami sindrom yang bisa membuat penderitanya merasa lelah sepanjang waktu. Mereka bahkan sampai memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter dan kemudian kecewa karena dokter tidak menemukan penyakit apapun yang memicu rasa lelah yang luar biasa ini.

Penyebab utama dari rasa lelah yang muncul sepanjang waktu ini adalah munculnya electronic insomnia, kondisi susah tidur yang disebabkan oleh seringnya tubuh terpapar gadget. Tanpa kita sadari, paparan cahaya biru dari gadget dalam waktu yang lama bisa merusak ritme sirkadian tubuh, ritme yang mengendalikan waktu tidur dan terbangun manusia. Jika sampai ritme sirkadian tubuh rusak, tak hanya akan mengalami susah tidur, kita akan selalu terbangun dengan kondisi lelah dan tidak bugar setiap hari.

Melihat adanya fakta ini, bijak-bijaklah saat memakai gadget seperti komputer atau ponsel setiap hari. Saat tidur malam, pastikan untuk mematikannya agar tubuh tidak lagi terpapar radiasi saat tidur malam. Selain itu, selalu berikan jeda bagi tubuh saat menggunakan gadget seperti komputer. Sebagai contoh, beristirahatlah setiap beberapa jam sekali jika kita menggunakan komputer dalam waktu yang lama untuk bekerja sehingga tubuh tidak akan mudah mengalami kelelahan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi