Terbit: 24 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Menopause umumnya terjadi karena wanita sudah memasuki usia lanjut atau 50 tahun ke atas. Namun, ada kalanya wanita yang masih muda atau berusia awal 40-an tahun alami menopause dini karena beberapa faktor seperti berat badan terlalu rendah sehingga kerja hormon di dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan lancar.

Terlalu Kurus Bisa Picu Wanita Cepat Menopause

Wanita yang menopause dini karena terlalu kurus juga berisiko alami beberapa gejala kesehatan yang cukup mematikan. Berikut ulasan lengkap terkait pengaruh badan terlalu kurus pada wanita dan menopause.

Studi tentang menopause pada wanita kurus
Studi besar yang dilakukan oleh Dr. Kathleen Szegda menemukan beberapa fakta yang cukup mengejutkan. Ternyata berat badan dan kadar lemak di dalam tubuh memengaruhi cepat atau lambatnya wanita alami menopause.

Studi yang dilakukan oleh Szegda menggunakan sampel 78.758 wanita dengan rentang usia 25-42 tahun dan rentang waktu 1989-2011. Dari studi ini didapatkan sekitar 2.804 wanita dengan badan terlalu kurus alami menstruasi dini pada usia kurang dari 45 tahun atau awal 40-an dan akhir 30-an tahun.

Efek lain dari menopause dini
Masih dari studi yang sama, wanita dengan body mass index atau BMI kurang dari 18.5 berisiko alami menopause dini 30 persen lebih besar dari wanita dengan BMI 18.5-22.4. Sementara itu wanita yang memiliki BMI 25-29.9 mengalami penurunan risiko menopause dini hingga 30 persen karena termasuk berbadan normal untuk ukuran wanita.

Wanita dengan badan terlalu rendah juga berisiko alami osteoporosis, gangguan kardiovaskular, meninggal lebih muda, dan gangguan kesehatan lainnya. Jadi, kalau Anda memiliki badan terlalu kurus dan belum memasuki periode menopause, coba konsultasikan dengan dokter untuk menambah berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi