Terkena Penyakit Langka, Gadis Ini Hidup Seperti Vampir Karena Harus Menghindari Matahari

DokterSehat.Com– Seorang gadis bernama Lizzie Tenney yang masih berusia 22 tahun mengalami penyakit langka bernama xeroderma pigmentosum. Kondisi ini membuatnya tidak bisa terkena paparan sinar matahari, bahkan meskipun sinar ini masih hangat dan menenangkan seperti saat di pagi atau sore hari. Jika sampai Ia terkena sinar matahari sedikit saja, maka Ia pun akan mengalami luka bakar yang sangat parah dan harus menjalani operasi kulit.

Photo Source: Barcroft Images/ Sohrab Mirmont

Kondisi ini muncul sejak Lizzie masih bayi. Namun, orang tuanya baru benar-benar menyadari ada yang salah dengan kulit Lizzie saat usianya 12 tahun. Saat itu, Lizzie terkena luka bakar yang parah hingga sampai diperiksakan ke dokter. Disanalah Ia didiagnosis terkena xeroderma pigmentosum diminta untuk mulai menghindari sinar matahari.

Lizzie pun hidup seperti vampire karena tidak boleh terkena paparan sinar matahari secara langsung. Seringkali Ia memilih keluar rumah saat malam hari. Namun, jika memang harus pergi keluar di siang hari, Lizzie akan memakai topi dan pakaian khusus dan mengoleskan krim tabir surya khusus yang mampu melindungi tubuhnya. Bahkan, meskipun Lizzie bepergian dengan mobil atau cuaca sedang mendung, tetap saja Ia harus memakai peralatan yang cukup merepotkan tersebut.

Gadis yang kini sedang kuliah di universitas yang ada di negara bagian Utah, Amerika Serikat ini mengaku kerap mendapatkan pertanyaan dari orang-orang yang keheranan dengan penampilannya. Bahkan, ada yang menganggapnya sebagai peternak lebah. Untungnya, Lizzie tidak pernah lelah menjelaskan kondisinya. Teman-teman dan keluarganya pun sangat mendukungnya sehingga Ia terus bersemangat menjalani kehidupannya.

Jika hari sudah berganti malam, Lizzie mengaku seperti menjadi orang yang paling bahagia di dunia karena bisa melepas segala peralatan perlindungan tubuhnya dan hidup seperti orang biasa.