Terkena Kondisi Langka, Wanita Ini Hanya Bisa Makan Nasi dan Sayur

Photo: Metro

DokterSehat.Com– Sophie Willis, wanita berusia 25 tahun dari London, Inggris, menderita sindrom aktivasi sel mast (Mast Cell Activation Syndrome), sebuah kondisi langka yang membuat sel darah dalam tubuhnya memberikan reaksi yang tidak biasa pada beberapa jenis makanan atau aroma.

Photo Source: Metro/Hotspot Media

Dikutip dari Metro, kondisi kesehatan yang cukup langka ini membuatnya rentan terkena syok anafilaksis jika sampai sembarangan mengonsumsi makanan, khususnya yang berasal dari produk susu, daging, ikan, ragi, atau makanan dengan bahan pengawet. Syok ini bisa membuatnya kehilangan kesadaran.

Sebelum tahu dengan kondisi kesehatannya ini, Sophie mengaku bisa mengalami reaksi alergi hingga 7 kali dalam sehari. Sayangnya, sejak tahun 2014 silam, Ia mulai menderita masalah kesehatan ini dan bisa saja mengalami gejala seperti jatuh pingsan atau pembengkakan parah pada mukanya.

Selama dua tahun Sophie berkunjung ke 30 rumah sakit yang berbeda untuk mengetahui apa penyebab dari gejala kesehatan tersebut. Sebagian dokter bahkan menyebutnya terkena penyakit lyme. Beruntung, pada akhirnya ada dokter yang berhasil mendiagnosis penyakitnya, yakni Mast Cell Activation Syndrome (MCAS) pada Agustus 2016 lalu.

Sebagai informasi, Mast Cell atau sel mast adalah sejenis sel darah yang akan bereaksi pada benda-benda asing atau cedera dengan cara melepas semacam bahan kimia layaknya histamin demi melawan infeksi. Sayangnya, bagi penderita MCAS, kondisi ini membuat tubuh mengalami reaksi alergi parah. Khusus untuk Sophie, ia akan mengalami gejala ini saat mengonsumsi hampir semua makanan, kecuali nasi dan sayuran.

Jika Ia mengonsumsi makanan lain seperti daging, maka tenggorokan, mata, dan bibirnya akan membengkak. Tubuhnya juga akan terasa nyeri dan akhirnya kehilangan kesadaran. Tak hanya itu, sinar matahari bisa membuat kulitnya mengalami ruam-ruam dan suara petir yang keras bisa membuatnya terkena migraine. Sophie juga tidak bisa mandi air hangat.

Kini, Sophie harus mengonsumsi 60 jenis pil setiap hari demi menjaga tubuhnya tetap stabil. Ia juga harus benar-benar menjaga asupan makannya agar tidak sampai mengalami gejala kesehatan.

Semoga Sophie bisa mendapatkan solusi untuk masalah kesehatannya, ya?