Terkena Herpes, Bayi Ini Tewas

bayi_herpes_doktersehat_1
Photo Source: Fox News

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang menyepelekan penyakit herpes sebagai masalah kulit ringan yang bisa dengan mudah diobati. Padahal, dalam realitanya, penyakit ini bisa memberikan dampak yang sangat buruk, khususnya bagi bayi atau anak kecil. Hal inilah yang terjadi pada bayi berusia 11 hari bernama Jack Buchanan.

Dilansir dari Fox News, orang tua Jack, Angus dan Jessica Buchanan haris merelakan nyawa buah hatinya karena terkena virus herpes. Menurut keluarga yang berasal dari Sydney ini, Jack jatuh sakit dan meninggal karena virus Herpes Simplex Virus 1 (HSV-1).

Jack terlahir dengan operasi caesar. Hanya saja, Jack dan ibunya dirawat hingga seminggu penuh sebelum diizinkan untuk pulang dari rumah sakit. Sayangnya, kondisi Jack terlihat tidak baik dan tidak mau makan. Angus dan Jessica kemudian membawa Jack kembali ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisinya.

“Jack langsung dibawa ke ruang ICU. Sayangnya, kondisinya semakin memburuk meski dokter sudah berusaha keras untuk membuatnya bertahan hidup. Sayangnya, ia hanya mampu bertahan hidup selama 11 hari,” ucap Jessica.

Setelah menjalani otopsi pada mayat Jack, dokter menyebutkan bahwa penyebab dari kematian sang bayi adalah virus HSV-1.

“Aku tak tahu darimana Jack bisa mendapatkan virus ini. Bisa jadi karena aku, perawat yang mengurusnya, atau bahkan orang-orang yang menjenguknya,” ungkap Jessica.

Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, setidaknya 3,7 miliar orang di bawah usia 50 tahun atau sekitar 67 persen dari total populasi di seluruh dunia telah terinfeksi virus HSV-1 pada 2012 silam. Virus ini bisa ditularkan melalui permukaan kulit atau mulut dan bisa saja tidak menunjukkan gejala awal apapun.

Selain Jessica Buchanan, seorang pria dari Arizona, Amerika Serikat bernama Jeff Gober juga mengalami hal yang sama. Anaknya, Mallory meninggal saat usianya baru beberapa hari karena terkena virus ini.

Melihat adanya fakta ini, setiap orang tua memang tidak boleh menyepelekan virus herpes dan segera memeriksakannya ke dokter jika buah hatinya terkena masalah kesehatan ini.