Batuk Kering? Ketahui Penyebab & Obat Alami yang Bisa Digunakan

obat-batuk-kering-alami-doktersehat

DokterSehat.Com – Pada dasarnya, terdapat dua jenis batuk yang bisa dialami oleh banyak orang. Pertama adalah batu berdahak dan yang kedua adalah batuk kering. Pengobatan untuk dua jenis batuk berbeda. Beberapa obat yang beredar di pasaran adalah obat yang umumnya digunakan untuk penanganan batuk berdahak. Lalu, bagaimana cara mengobati batuk kering?

Pilihan Obat Batuk Kering Alami

Batuk kering sendiri cenderung tidak memproduksi dahak yang banyak sehingga bisa membuat tenggorokan Anda sangat tidak nyaman, teriritasi, dan terasa sangat sakit. Karena alasan inilah meskipun batuk kering tidak mengeluarkan dahak, ada baiknya Anda segera mengobatinya.

Meski obat batuk kering dapat Anda dapatkan di apotek, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu obat batuk kering alami yang bisa Anda coba adalah madu dan susu.

baca juga: Bahan Alami untuk Mengobati Batuk Berdahak

Madu dan susu adalah obat batuk kering alami yang mudah didapatkan. Cukup hanya dengan satu sendok teh madu dan satu gelas susu yang masih panas, hal itu dipercaya mampu mengobati batuk kering yang Anda alami. Minumlah kedua bahan tersebut secara bersamaan sebelum tidur.

Tenggorokan yang teriritasi akan terasa gatal sehingga membuat Anda ingin batuk. Dengan mengonsumsi madu hal itu dapat membantu mengurangi iritasi tenggorokan. Tekstur wax pada madu adalah faktor yang dapat melembapkan, menenangkan, serta mengurangi iritasi tenggorokan.

Selain itu, obat batuk kering alami ini memiliki sifat anti inflamasi dan membuat saluran pernapasan menjadi lebih nyaman. Bahkan, minuman ini tidak akan memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh dan justru akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dan batuk pun akan segera mereda.

Cara Mengatasi Batuk Kering yang Mudah

Cara mengobati batuk kering yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan berkumur air hangat yang sudah dicampurkan garam dengan posisi kepala ditengadahkan ke atas

Lakukan kumur-kumur air garam hangat ini pada saat tenggorokan Anda terasa tidak nyaman atau bisa dilakukan sebelum tidur.

Ketika batuk kering melanda, Anda juga bisa mengisap permen yang mengandung mentol. Senyawa ini diperoleh dari daun mint yang berdampak menenangkan bagian belakang tenggorokan. Senyawa ini pula yang membantu meredakan batuk.

Selain beberapa contoh di atas, obat batuk kering alami lainnya yang bisa Anda coba, antara lain:

  • Cukupi kebutuhan air putih

Obat batuk kering alami yang dapat mudah Anda dapatkan hanya dengan memenuhi kebutuhan asupan  harian cairan tubuh Anda. Cara mengobati batuk kering ini bisa dimulai dengan minum 2 gelas setiap 2 jam sekali. Konsumsi air yang cukup dapat meredakan gatal di tenggorokan yang menyebabkan batuk kering.

  • Konsumsi nanas

Zar bromelain yang terdapat di dalam nanas dipercaya mampu melancarkan sistem pernapasan  dan meredakan batuk kering. Meski begitu, belum adalah bukti ilmiah yang bisa membuktikan nanas sebagai obat batuk kering alami.

  • Teh lada hitam

Obat batuk kering alami lainnya yang bisa digunakan adalah lada hitam. Lada hitam mengandung zat yang mampu merangsang aliran lendir di postnasal drip jadi tertahan agar tidak masuk ke tenggorokan dan merangsang sirkulasi udara.

Cara mengobati batuk kering ini juga dapat Anda kombinasikan dengan madu ke ke dalam rebusan lada hitam. Cara membuatnya, sediakan 1 sendok teh lada hitam yang sudah ditumbuk dan 2 sendok makan madu dalam cangkir. Lalu tuang dengan air panas dan tutup gelas selama 15 menit. Setelah itu teh disaring dan diminum.

  • Bawang putih

Senyawa Allicin yang ditemukan di dalam bawang putih dipercaya bisa mematikan mikroorganisme yang bisa menyebabkan infeksi pernapasan seperti tenggorokan gatal dan batuk kering.

Selain itu, bawang putih mentah memiliki sifat antiviral, antimikroba, dan antijamur, yang mana baik sebagai campuran dalam makanan Anda untuk menjadi obat batuk kering alami untuk mengobati infeksi di tenggorokan.

  • Makanan probiotik

Perlu diketahui, salah satu penyebab batuk kering karena sistem kekebalan tubuh yang tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, obat batuk kering alami yang disarankan adalah mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik.

Probiotik dipercaya dapat mengurangi infeksi di saluran pernapasan pada anak-anak. Meski probiotik tidak bekerja secara langsung meredakan batuk kering, namun mikroorganisme di dalam probiotik mampu menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt, keju dan tempe.

  • Konsumsi jahe

Jahe adalah obat batuk kering alami yang cukup populer digunakan. Beberapa hal seperti radang tenggorokan dan naiknya asam lambung karena flu dapat turut menyebabkan batuk kering. Jahe dipercaya dapat meredakan kedua gangguan tersebut. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menilai efektivitas jahe mengatasi batuk kering.

Selain beberapa obat batuk kering alami seperti di atas, Anda bisa menggunakan bantuan teknologi terkini seperti humidifier. Humidifier merupakan alat yang berfungsi untuk melembapkan udara di sekitar.

Dengan menghirup udara yang dilembapkan, hal ini telah terbukti menjadi pereda batuk kering dan gatal yang bisa meningkatkan kelancaran pada saluran pernapasan. Meski begitu, alat pereda batuk kering dan gatal ini juga cocok dijadikan alat yang membantu jika anak atau balita terkena serangan batuk saat mereka tidur.

Cara mengatasi batuk kering lainnya, Anda juga dianjurkan untuk menghindari faktor penyebab batuk kering. Beberapa hal pemicu iritasi dan aleri seperti asap rokok, debu, hingga minuman berkafein dan beralkohol sebaiknya dihindari.

Penyebab Batuk Kering

Setelah Anda mengetahui obat batuk kering alami, hal lain yang juga harus Anda ketahui adalah penyebab batuk kering. Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami batuk kering.

Mulai dari paparan asap, alergi, asma, debu, bahkan dalam beberapa kasus tidak diketahui penyebab terjadinya batuk kering. Berikut adalah beberapa penyebab batuk kering yang dapat dikenali, antara lain:

  • Infeksi virus

Virus menyebabkan seseorang terserang pilek dan menjadi penyebab batuk berdahak. Namun pada beberapa orang, batuknya mengalami perubahan menjadi batuk kering. Kondisi ini disebut batuk pacsa dingin, di mana gejalanya akan berlangsung lama dan menandakan adanya iritasi di saluran pernapasan.

  • Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau asam lambung

Batuk kering juga terjadi akibat kadar asam lambung yang meningkat. Batuk kering pada umumnya berlangsung selama delapan minggu atau lebih. Menurut sebuah penelitian, sebanyak 25 persen kejadian batuk kronis disebabkan oleh GERD.

Bahkan, 75 persen di antaranya tidak mengalami gejala penyakit asam lambung sama sekali. Kondisi inilah yang menyebabkan banyak orang tidak menyadari bahwa batuk yang tak kunjung sembuh tersebut ternyata diakibatkan oleh naiknya asam lambung.

Hingga saat ini memang belum diketahui secara pasti mengapa seseorang menjadi lebih sering batuk saat asam lambungnya naik. Meski demikian, hal ini diduga karena dua penyebab, yaitu bentuk refleks saat asam lambung naik ke kerongkongan dan kondisi refluks laringofaring (LPR).

  • Penyakit jangka panjang

Penyakit jangka panjang yang bisa menjadi penyebab batuk kering adalah asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK), atau bronkitis kronis.

  • Stres

Banyak orang jadi batuk-batuk ketika mereka berada dalam situasi yang menegangkan. Jika bernapasnya pendek dan tidak dalam karena sedang cemas, ia bisa mengalami kondisi batuk.

  • Kondisi psikologis

Saat batuk berlangsung lama dan menjadi kebiasaan, ini bisa disebut sebagai batuk psikogenik. Tidak ada gejala penyakit fisik yang bisa menjelaskan mengapa batuk ini terjadi. Ciri batuk jenis ini adalah ia hilang ketika seseorang tertidur.

  • Efek samping obat

Beberapa obat-obatan terutama obat untuk tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan batuk kering. Oleh karena itu, perlu diperhatikan juga pemilihan dan penggunaan dari obat-obatan tersebut.