Terbit: 10 April 2018 | Diperbarui: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Usia mungkin bisa dibohongi, tapi penampilan serta paras wajah tetap tidak bisa ditutupi. Ya, begitu banyak orang yang tidak rela jika dirinya bertambah usia. Sebab, dengan bertambahnya usia, maka akan terjadi perubahan-perubahan dari segi fisik seseorang. Baik itu dari postur tubuh ataupun wajah.

Terbukti, Inilah 3 Penyebab Wajah Menjadi Cepat Tua

Photo Credit: Flickr.Com

Bagi setiap orang, khususnya wanita pasti sangat takut jika wajahnya menjadi tidak segar lagi, alias terlihat tua. Mengingat begitu pentingnya penampilan, terutama pada bagian wajah menjadikan setiap orang selalu merasa was-was jika sampai hal tersebut terjadi. Maka tak heran, banyak yang melakukan berbagai cara agar wajahnya tetap terlihat awet muda seperti sedia kala. Tapi, selain faktor usia, tahukah Anda apa yang menyebabkan wajah menjadi terlihat lebih tua?

Berikut 3 penyebab yang menjadikan wajah terlihat lebih tua.

1. Kurang Istirahat

Kurang istirahat merupakan salah satu kebiasaan kurang baik yang sudah menjadi gaya hidup orang saat ini. Berdalih totalitas dalam bekerja, membuat mereka menggadaikan kesehatan hanya untuk menyelesaikan tugas dari kantor. Padahal, dengan sering begadang dan mengurangi waktu istirahat, seseorang akan mengalami segudang kerugian, diantaranya risiko penyakit berbahaya serta membuat wajah tampak tak segar, alias terlihat tua. Apalai sampai muncul garis hitam di bawah wajah atau yang sering disebut ‘mata panda’, maka penampilan Anda akan jauh lebih tua melebihi usia sesungguhnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Depresi

Dalam hidup, seseorang memang dibenturkan dengan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah pekerjaan. Hal ini adalah faktor pemicu datangnya depresi atau stres pada seseorang. Padahal, dengan stres yang tak terkendali, seseorang bisa berisiko terjangkit gangguan fisik yang cukup serius, seperti asam lambung, stroke, jantung, hingga kanker. Selain itu, depresi atau stres juga bisa membuat wajah menjadi tak segar dengan munculnya bintik-bintik seperti jerawat maupun komedo. Lantas, wajah akan menjadi lebih kusam jika stres tidak dikelola dengan baik.

3. Kebiasaan Merokok

Sampai saat ini, tidak ada satupun ahli medis yang menyarankan seseorang untuk merokok. Hal tersebut dikarenakan rokok adalah sebuah produk yang sama sekali tidak memberikan manfaat bagi kesehatan seseorang. Selain dapat menimbulkan penyakit mematikan seperti kanker, jantung, impotensi, ternyata kebiasaan merokok juga bisa berdampak bagi mulusnya wajah Anda. Hal tersebut dikarenakan rokok mengandung senyawa-senyawa yang bisa mematikan reproduksi sel pada area wajah Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi