Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Serangan jantung adalah salah satu jenis penyakit yang terbilang sangat mematikan. Terbukti dari data yang dirilis dalam jurnal Amerika, mengatakan bahwa serangan jantung adalah penyebab utama kematian di Negara barat. Setidaknya, ada sekitar 90.000 orang meninggal akibat penyakit ganas ini setiap tahunnya.

Terbukti, Diet Vegan Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Maka dari itu, selagi masih memiliki jantung yang sehat, alangkah baiknya untuk tetap menjaga kesehatan tersebut. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penyakit jantung, misalnya menerapkan pola hidup yang sehat, seperti olahraga teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol, menjaga kualitas tidur, serta mengonsumsi makanan sehat.

Namun, ada lagi satu cara yang terbilang ampuh dalam mengurangi risiko terkena serangan jantung. Cara tersebut adalah dengan menerapkan diet vegetarian. Ya, diet yang lebih akrab disapa diengan julukan diet vegan ini telah diteliti cukup lama, hasilnya pun menakjubkan.

Menurut hasil riset dari tim medis, seseorang yang melakukan program diet vegan, memiliki risiko serangan jantung lebih kecil daripada orang yang melakukan program diet lain. Hal itu dikarenakan diet vegan hanya mengonsumsi sayuran dan menyingkirkan daging dari menu makanan sehari-hari sampai batas waktu tertentu. Seperti diketahui, mengonsumsi daging secara berlebihan adalah salah satu penyebab meningkatnya risiko serangan jantung.

Selain bisa memberikan berat badan yang terkontrol, faktanya diet vegan juga bisa menstabilkan tekanan darah seseorang. Selain itu, diet vegan juga bisa membuat pelakunya menjadi terhindar dari kolesterol jahat penyebab serangan jantung. Maka tak heran jika banyak orang di Amerika berlomba-lomba dalam melakukan diet vegan untuk hidup yang lebih sehat dan terhindar dari serangan jantung.

Kendati demikian, diet vegan bukanlah jalan instan untuk menghindar dari serangan jantung. Anda tetap perlu menerapkan pola hidup sehat seperti yang sudah dijelaskan di atas.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi