Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rambut rontok merupakan salah satu mimpi buruk bagi setiap orang, khususnya wanita. Sebab, rambut yang rontok secara terus-menerus merupakan sebuah isyarat bahwasanya ada kondisi tidak baik yang sedang dialami oleh seseorang. Selain sebagai pertanda adanya kelainan medis, rambut rontok juga ditakuti karena bisa merusak penampilan seseorang, terlebih jika rontok tersebut berakhir menjadi kebotakan.

Terbukti, 3 Jenis Makanan ini Bisa Cegah Kebotakan

Untuk mengatasinya, Anda harus selalu merawat kesehatan tubuh, khususnya pada bagian kepala. Sebab, rambut sendiri tumbuh pada kulit kepala. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, baik dari dalam maupun luar. Kalau dari luar, Anda bisa menggunakan berbagai macam tanaman herbal yang dipercaya mampu mengatasi rambut rontok, misalnya lidah buaya. Namun, untuk perlindungan dari dalam, Anda harus mengonsumsi makanan yang bisa menyehatkan rambut Anda.

Apa saja makanan tersebut? Berikut adalah 3 jenis makanan yang bisa mencegah rontoknya rambut atau kebotakan.

1. Ikan

Sampai saat ini tidak ada yang menyangkal manfaat yang dimiliki oleh ikan. Pasalnya, ada beberapa jenis ikan tertentu yang kaya akan omega 3, seperti tuna dan salmon. Omega 3 sendiri bisa menutrisi batang rambut dan membrane sel pada kulit kepala Anda sehingga seluruh jaringan pada kepala, termasuk rambut akan menjadi lebih sehat.

2. Bayam

Banyak yang beranggapan jika bayam adalah salah satu sayur yang bisa memberikan energi pada tubuh seseorang. Namun, selain itu bayam ternyata juga bisa digunakan sebagai solusi dari rontoknya rambut. Hal tersebut dikarenakan bayam sangat kaya akan vitamin A dan C yang bisa membentuk minyak alami rambut secara baik. Hebatnya lagi, kandungan vitamin lain pada bayam juga bisa meningkatkan kadar besi dalam darah yang bermanfaat untuk kesehatan kulit kepala.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Kacang-Kacangan

Untuk jenis makanan yang satu ini telah terbukti memiliki kandungan zat besi, magnesium, serta protein yang baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Selain bermanfaat untuk organ tubuh, protein yang dikandung kacang-kacangan juga bisa membantu dalam proses pertumbuhan rambut. Lantas, magnesiumnya juga dikatakan mampu menguatkan batang rambut sampai akarnya sehingga Anda bisa terhindar dari masalah kerontokan yang mengakibatkan kebotakan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi