Kanker Prostat – Terapi

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Tak banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker prostat. Namun melakukan beberapa terapi telah terbukti menurunkan risiko kanker secara umum. Beberapa terapi tersebut adalah:

  • Terapi radiasi

Perawatan ini menggunakan energi tinggi (mirip dengan sinar-X) untuk membunuh kanker. Ini sering menjadi pilihan bagi orang tua dan bagi mereka dengan masalah kesehatan lainnya. Anda juga dapat menjalaninya setelah operasi untuk menyingkirkan sel-sel kanker yang tertinggal. Hal ini juga membantu untuk kanker yang telah menyebar ke tulang. Ada dua jenis radiasi:

  1. Radiasi Eksternal: Sebuah mesin di luar tubuh Anda mengarahkan sinar di kanker.
  2. Radiasi Internal (brachytherapy): Seorang dokter melakukan operasi untuk menempatkan “benih” kecil radioaktif ke dalam atau dekat lokasi kanker.
  • Terapi hormon

Sel-sel kanker prostat perlu hormon seks pria, seperti testosteron untuk terus berkembang. Dokter mungkin menyebutnya hal ini sebagai ‘terapi kekurangan androgen’. Beberapa perawatan hormon menurunkan kadar testosteron dan hormon laki-laki lainnya. Jenis lainnya memblokir jalan hormon tersebut bekerja.

  • Cryotherapy

Jika Anda memiliki kanker prostat dini, dokter mungkin memilih untuk membunuh sel kanker dengan membekukannya. Terapi ini akan menempatkan jarum kecil atau probe ke dalam prostat untuk memberikan gas yang sangat dingin yang merusak sel-sel.

Sulit untuk mengatakan dengan pasti seberapa baik kerjanya. Para ilmuwan tidak melakukan banyak penelitian jangka panjang yang berfokus untuk mengobati kanker prostat. Ini biasanya bukan pilihan pengobatan pertama.

  • USG

Terapi ini menghasilkan gelombang suara yang memberikan energi panas untuk membunuh sel-sel kanker. Tidak jelas seberapa baik terapi ini karena belum dibandingkan dengan pengobatan kanker prostat standar lainnya.

Terapi ini menggunakan obat-obatan untuk mengecilkan atau membunuh sel-sel kanker prostat. Anda dapat mengambil obat melalui mulut atau disuntikkan ke dalam aliran darah. Kebanyakan pria dengan kanker prostat awal tidak mendapatkan kemoterapi. Ini biasanya hanya untuk kasus lanjut atau ketika kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Anda dapat mulai dengan salah satu perawatan ini, atau dokter mungkin mengajukan campuran perawatan yang berbeda. Kadang-kadang, campuran kedua perawatan merupakan yang terbaik. Diskusikan dengan dokter untuk menemukan rencana terapi yang efektif.

Kanker Prostat: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10