Mengobati Maag dengan Tepung Kanji

Doktersehat-manfaat-tepung-kanji

Doktersehat.com – Sakit maag (dispepsia) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Beberapa hal yang menjadi penyebab maag antara lain pola makan, stres, penggunaan obat-obatan tertentu, konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok.

Perlu diketahui, ketika seseorang tidak teratur makannya hal itu menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit maag. Saat perut harus diisi, tapi dibiarkan kosong atau ditunda pengisiannya, asam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung sehingga timbul rasa nyeri.

baca juga: Punya Maag Jangan Takut Puasa, Gunakan Tips ini!

Selain itu, makanan tertentu akan merangsang dinding lambung, sehingga terjadi radang atau luka, seperti makan yang pedas atau asam. Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab maag lainnya antara lain:

  • Penggunanaan obat-obatan tertentu seperti aspirin (dosis tinggi), kortison, kafein, kortikosteroid.
  • Adanya asam lambung yang berlebihan.
  • Waktu makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, atau makan berlebihan.
  • Tertelannya substansi/zat yang korosif seperti alkali, asam kuat, cairan pembersih kimiawi, dan lain-lain.
  • Infeksi bakteri.

Manfaat Tepung Kanji untuk Mengobati Maag

Sebagian besar orang tidak menyangka khasiat tepung kanji untuk mengobati maag. Tepung kanji atau disebut juga sebagai tepung singkong, sekilas mungkin mirip dengan tepung sagu, keduanya memiliki sifat untuk bisa merekatkan bahan-bahan lain seperti hal nya fungsi lem dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat tepung kanji ternyata tidak saja bermanfaat untuk digunakan dalam olahan makanan, namun juga untuk bahan pengobatan, khususnya sakit maag. Penyakit maag yang menyerang lambung disebabkan oleh adanya peradangan atau luka pada lambung itu sendiri.

Manfaat tepung kanji lainnya adalah dipercaya bisa membantu untuk menebalkan kembali lapisan lambung secara alami. Inilah cara membuat tepung kanji untuk asam lambung:

  • Persiapkan tepung kanji kurang lebih 1 ons.
  • Sangrai (goreng tanpa minyak) tepung kanji tersebut hingga agak menguning.
  • Konsumsi 2 sendok setiap hari dan campur dengan setengah gelas air panas.
  • Biarkan bubuk tepung kanji dan air panas melebur. Setelah agak dingin baru kemudian diminum.
  • Minum dengan rutin selama 1 minggu.

Nah, itulah cara membuat tepung kanji untuk asam lambung yang bisa Anda coba. Jika cara di atas tidak mampu mengatasi sakit maag yang Anda alami, segera konsultasi dengan dokter spesialis gastrointestinal untuk dapat membantu memanajemen penyakit dan mengetahui penyebab maag.

Meskipun sebagian besar sakit maag bisa ditangani tanpa perlu konsultasi dengan dokter, namun pemeriksaan dokter medis tetap perlu dilakukan jika sakit maag disertai dengan sering muntah, sulit menelan, mengalami penurunan berat badan, serta jika Anda telah menginjak berusia 55 tahun ke atas.

Beberapa contoh obat yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit maag adalah antasida, antagonis reseptor H2 (H2RA), penghambat pompa proton (PPI), alginat, antibiotik, prokinetik, dan obat antidepresan.

baca juga: Manfaat Berpuasa Bagi Penderita Penyakit Maag

Selain manfaat tepung kanji untuk mengobati maag, beberapa hal lain yang juga mampu meredakan penyakit maag, di antaranya:

  • Menghindari makanan-makanan yang bisa memicu sakit maag atau membagi porsi makan ke dalam jadwal makan yang baru.
  • Melakukan teknik relaksasi atau terapi perilaku kognitif merupakan contoh pengobatan yang mungkin disarankan.
  • Menghentikan konsumsi ibuprofen atau aspirin jika sakit maag disebabkan oleh obat-obat tersebut.
  • Mengurangi atau menghentikan konsumsi zat kafein atau alkohol apabila sakit maag disebabkan oleh kedua zat tersebut.

Sedangkan pemeriksaan dokter perlu dilakukan bagi penderita sakit maag persisten yang tengah menderita anemia defisiensi zat besi atau sakit maag persisten tersebut menyebabkan munculnya benjolan di area sekitar lambung.