Terbit: 10 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selama ini, tepung beras banyak digunakan sebagai bahan pembuat makanan. Tapi, siapa sangka bahwa tepung beras ternyata juga bermanfaat untuk rambut. Berikut ini beberapa manfaat tepung beras untuk rambut yang bisa Anda praktikan di rumah.

Tepung Beras untuk Mendapatkan Rambut yang Cantik

Photo Credit: pexels.com

1. Tepung Beras untuk Melembutkan Rambut dan Membuatnya Bercahaya

Dilansir dari Bollywood Shaadis, tepung beras memiliki kemampuan ajaib untuk membuat rambut menjadi bercahaya, menjaga warna alami rambut serta melembutkannya. Untuk mendapatkan manfaat tepung beras untuk rambut, Anda bisa mencampur tepung beras dengan satu bahan bernama Multani Mitti. Lalu gunakan sebagai masker rambut, biarkan masker tersebut menempel selama kurang lebih setengah jam. Langkah selanjutnya seperti biasa, bilas dan bersihkan, keringkan. Gunakan ini secara teratur untuk hasil maksimal.

2. Membuat Rambut Tetap Hitam, Panjang dan Bersih

Dari the Hair Budha, air rendaman beras yang sudah difermentasikan merupakan rahasia perawatan rambut milik etnis Yao. Para wanita etnis Yao memiliki rambut terpanjang di dunia yang sudah tercatat dalam Guinness Book of World Records. Dan rahasianya ada pada air fermentasi beras. Anda mungkin bisa juga mencobanya dengan air tepung beras yang juga difermentasikan.

3. Memperbaiki Rambut Rusak

Air beras mengandung inositol serta karbohidrat yang secara fungsi dapat memperbaiki rambut yang rusak. Anda yang sering membilas rambut menggunakan air beras, dapat mencegah kerusakan rambut di masa depan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Memperkuat Akar Rambut, Menambah Volume dan Kilau

Bukan hanya dapat mengurangi kerusakan pada rambut, air beras dapat digunakan untuk memperkuat akar rambut, menambah volume rambut, sehingga membuatnya tidak lepek, serta membuat rambut menjadi berkilau. Ini disebabkan oleh kandungan amino di dalam air beras.

Tepung beras, meski tidak secara langsung memberikan manfaat untuk kecantikan rambut, namun kandungan dari beras tetap bermanfaat. Manfaat tepung beras untuk rambut, pada kandungan beras, Anda dapat menjaga rambut tetap sehat, tidak rusak, dan indah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi