Terbit: 21 Januari 2021 | Diperbarui: 22 Januari 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tenggorokan terasa mengganjal tiba-tiba dengan gejala gatal dan sakit sangat menelan tentu sangat mengganggu Anda. Ketahui penyebab dan cara mengatasi tenggorokan terasa mengganjal dalam pembahasan ini. 

Tenggorokan Terasa Mengganjal? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi

Apa Itu Tenggorokan Terasa Mengganjal? 

Tenggorokan terasa mengganjal adalah istilah umum untuk bahasa medis Globus Sensation atau Sensasi Globus, yaitu sensasi seperti ada benda yang menggumpal di tenggorokan dan membuat Anda sulit menelan. Sensasi globus mungkin menyebabkan nyeri, benjolan, namun sebagian besar orang yang mengalaminya tidak merasakan sakit. Mereka hanya merasakan sensasi mengganggu yang membingungkan pada tenggorokan. 

Penyebab Tenggorokan Terasa Mengganjal

Penyebab paling umum dari masalah tenggorokan yang terasa mengganjal adalah efek dari gastroesophageal reflux (GERD), radang tenggorokan, atau efek kecemasan. Pelajari tentang apa saja penyebab sensasi globus, berikut ini!

1. Peradangan Faring

Faring terletak di antara kerongkongan dan tenggorokan. Peradangan pada faring termasuk penyakit faringitis, tonsilitis, atau sinusitis kronis dapat menyebabkan iritasi dan sensasi globus karena tenggorokan lebih peka dan sensitif. 

2. Penyakit Refluks Gastroesofagus

Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) adalah kondisi di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan hingga menyebabkan gejala seperti nyeri dada setelah makan, sulit menelan, dan sensasi globus juga. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Asam lambung yang naik ke esofagus (kerongkongan) akan menyebabkan otot tegang dan pembengkakan jaringan tenggorokan. Berdasarkan penelitian, 23-68% orang dengan sensasi globus mengaitkannya dengan gejala GERD. 

3. Penyumbatan Tenggorokan 

Mungkin ada sesuatu atau sisa makanan yang menyumbat tenggorokan Anda. Segera minum lebih banyak air untuk mengalirkan sisa makanan tersebut, terutama bila sebelumnya Anda tersedak. 

4. Kecemasan atau Stres

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kondisi psikologis dan sensasi globus. Tekanan emosional seperti kesedihan, kecemasan, kelelahan ekstrim, dan stres bisa membuat tenggorokan terasa mengganjal dan mual. Walaupun demikian, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan hubungan antara faktor psikologis dan sensai globus.

5. Masalah pada Fungsi Sfingter Esofagus Bagian Atas

Upper esophageal sphincter (UES) atau sfingter esofagus bagian atas yang tidak berfungsi dengan normal akan menyebabkan sensasi globus. Dalam kasus yang ringan, dokter akan memberikan suntikan untuk membantu mengembalikan fungsi UES dengan baik.

6. Penyakit Tiroid

Walaupun belum ada kepastian secara medis, namun seseorang diperkirakan lebih rentan mengalami gejala sensasi globus bila memiliki kelainan tiroid. Terutama bila orang tersebut memiliki kelainan tiroid aktif atau tiroidektomi (pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid).

7. Ketegangan Otot

Ketegangan otot sekitar tenggorokan dapat menyebabkan sensasi globus. Otot tenggorokan dapat menjadi tegang saat Anda makan, berbicara terlalu banyak, atau berteriak. Otot tenggorokan yang tegang juga dapat menyebabkan benjolan dan masalah tenggorokan. 

Baca Juga: Tenggorokan Panas? 11 Penyebab yang Harus Anda Kenali

8. Masalah Koordinasi Otot

Sensasi globus umum terjadi akibat adanya masalah koordinasi otot. Salah satu otot tegang dan tidak bekerja dengan semestinya. Misalnya, saat Anda sedang minum air namun otot malah menghalangi air untuk masuk dan Anda akan merasakan sesuatu yang mengganjal. 

9. Postnasal Drip

Postnasal drip adalah kondisi ketika tubuh memproduksi lendir yang lebih pekat dan berlebihan. Lendir berlebihan tersebut diproduksi oleh hidung atau sinus dan menumpuk di belakang tenggorokan. Tetesan lendir di tenggorokan akan menyebabkan sensasi mengganjal.

10. Tumor Langka

Sensasi globus adalah salah satu gejala umum dari kondisi kanker langka seperti metastasis orofaring dari karsinoma sel Merkel. Walaupun demikian, sensasi globus bukanlah satu-satunya gejala dan bukan selalu berarti gejala kanker langka.

Itulah pembahasan tentang penyebab tenggorokan terasa mengganjal dan mual. Kondisi ini mungkin disebabkan akibat masalah tenggorokan biasa namun bisa juga menjadi tanda penyakit serius pada tenggorokan. 

Cara Mengatasi Tenggorokan Terasa Mengganjal

Tidak ada pengobatan yang pasti untuk gejala sensasi globus, karena penyebabnya pun tidak jelas diketahui. Kebanyakan orang yang mengalami gejala globus tidak mengalami gejala serius dan biasanya dapat hilang dengan cepat. 

Ketahui cara mengatasi tenggorokan terasa mengganjal, sebagai berikut: 

1. Minum Air

Hal pertama yang dapat Anda lakukan saat tenggorokan terasa mengganjal adalah minum air putih yang cukup, minum air hangat bila perlu untuk melegakan tenggorokan. Minum air putih akan membuat dehidrasi tubuh terjaga serta melancarkan seluruh fungsi tubuh.

2. Makan Sesuatu 

Sensasi benjolan di tenggorokan mungkin akan semakin terasa saat menelan air atau saliva, namun makan sesuatu yang lembut bisa membantu meredakan sensasi tersebut. Anda bisa mencoba makan nasi hangat untuk meredakan sensasi globus.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal, Ketahui juga Penyebabnya!

3. Istirahatkan Suara Anda saat Anda Sakit

Anda mungkin sedang mengalami gejala demam, flu, atau radang tenggorokan, maka sebaiknya istirahatkan suara Anda sementara. Berbicara atau berteriak terlalu banyak akan meningkatkan kerusakan dan ketegangan otot tenggorokan. 

4. Jangan Merokok

Bila Anda seorang perokok, sebaiknya hentikan penggunaan rokok bila tenggorokan terasa mengganjal dan mual. Kandungan rokok dan tembakau akan memengaruhi kesehatan tenggorokan, sinus, dan mulut. 

5. Semprotan Hidung

Cara mengatasi gejala sensasi globus adalah dengan semprotan hidung bila gejala disebabkan oleh postnasal drip. Semprotan hidung mengandung dekongestan untuk meredakan produksi lendir berlebihan. 

6. Terapi Otot

Anda mungkin perlu terapi otot bila penyebab sensasi globus adalah masalah otot tenggorokan. Seorang dokter THT atau ahli terapi bicara akan membantu Anda untuk meredakan ketegangan otot dan masalah terkait lainnya.

7. Gunakan Obat Antasida

Bila memiliki riwayat GERD dengan gejala sensasi globus, gunakan obat antasida. Anda dapat mempertimbangkan obat antasida dari dokter atau mungkin menggunakan obat antasida yang dijual secara bebas (over-the-counter)

Itulah pembahasan tentang cara mengatasi tenggorokan terasa mengganjal. Kondisi ini sangat umum dan sebagian besar tidak menunjukan gejala lain yang serius. Semoga informasi ini bermanfaat! 

 

  1. Fletcher, Jenna. 2017. Globus sensation: Causes of a lump in the throat. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320245. (Diakses pada 21 Desember 2021). 
  2. Holland, Kimberly. 2019. What Causes a Lump in Your Throat?. https://www.healthline.com/health/lump-in-throat. (Diakses pada 21 Desember 2021). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi