Terbit: 16 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Cucu politikus yang merupakan Menkopolhukam Wiranto, Achmad Daniyal Alfatih meninggal dunia pada Kamis, 15 November 2018 di usia yang sangat muda, yakni 14 bulan. Sang balita diduga secara tidak sengaja tenggelam di kolam ikan yang ada di rumahnya sendiri saat tidak ada orang yang mengawasinya.

Waspada Tenggelam, Penyebab Cucu Wiranto Meninggal

“Saat itu Achmad lagi main di situ. Kebetulan memang di samping rumah ada kolam ikan. Anaknya memang sangat aktif jadi sepertinya dia lompat ke kolam ikan saat tidak ada orang yang memperhatikannya. Pas ada orang yang kembali ke rumah, kami baru menemukannya. Sempat dibawa untuk diberi pertolongan medis tapi sudah tidak tertolong,” ungkap ayahnya, Abdi Setiawan.

Organisasi Kesehatan Dunia dari PBB (WHO) menyebut tenggelam termasuk dalam salah satu penyebab kematian tertinggi di seluruh dunia. Hal ini sangatlah kontras dengan anggapan banyak orang yakni kasus kematian yang disebabkan oleh tenggelam jarang terjadi. Padahal, menurut data dari WHO, setidaknya ada 360 ribu kasus hilangnya nyawa yang disebabkan oleh tenggelam. Jumlah ini bahkan mencapai tujuh persen dari total kasus kematian yang disebabkan oleh kecelakaan atau akibat ketidaksengajaan.

Menurut pakar kesehatan dr. Pandu Lestari, SpA dari Rumah Sakit Siloam Jakarta, setiap orang, khususnya orang tua yang memiliki anak kecil harus mewaspadai kemungkinan adanya tenggelam, apalagi jika di dekat rumah ada kolam ikan atau kolam renang. Bahkan, jika kolam tersebut tidak begitu dalam, salah posisi yang membuat wajah anak atau balita berada dalam posisi terendam air sudah cukup untuk menyebabkan kematian.

“Tenggelam tidak harus disebabkan oleh kedalaman kolam. Jika sampai wajah tenggelam sehingga membuat air masuk ke dalam saluran pernapasan, maka korban akan mengalami henti napas. Sebagai contoh, banyak anak yang meninggal saat mandi di bathtub padahal tidak dalam,” jelas dr. Pandu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, setiap orang tua memang harus selalu mengawasi anaknya, apalagi yang masih berusia balita. Jika mereka sedang bermain-main di kamar mandi, dekat dengan kolam, atau bahkan berada di ember sekalipun, pastikan bahwa mereka berada dalam posisi yang tepat, bukannya yang berisiko untuk membuat mereka tenggelam karena bisa jadi nyawa taruhannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi