Apakah Ejakulasi Dini Bisa Disembuhkan? Cek Faktanya

Doktersehat-ejakulasi-dini-bisa-disembuhkan
Photo Credit: Flickr.com/Julianthephotographer

DokterSehat.Com – Ejakulasi dini adalah ketidakmampuan seorang pria bertahan lebih lama saat bercinta karena tidak bisa menahan desakan ejakulasi. Hal yang satu ini memang sangat sensitif adalah sesuatu yang sangat sensitif dibicarakan di dalam rumah tangga. Lalu, apakah ejakulasi dini bisa sembuh?

Seorang laki-laki dikatakan ejakulasi dini apabila ia orgasme jauh lebih dulu dibandingkan pasangan. Kebanyakan wanita membutuhkan waktu sekitar 10 sampai dengan 20 menit untuk mencapai orgasme. Jika Anda orgasme kurang dari batas waktu itu, maka kemungkinan besar Anda mengalami ejakulasi dini.

Ada beberapa hal yang bisa memicu terjadinya ejakulasi dini. Jika Anda termasuk penderita ejakulasi dini, maka Anda hendaknya menghindari beberapa hal ini.

baca juga: Alami Ejakulasi Dini? Simak Tips Seks Ini Agar Tahan Lama di Ranjang

Pertama adalah gaya hidup (sering stres, beban kerjaan, sangat sibuk, sering kelelahan). Kedua adalah pola makan yang tidak sehat (banyak konsumsi makanan instan, merokok, alkohol, makanan berkadar gula tinggi). Sedangkan yang ketiga adalah faktor psikologis. Anda cenderung tidak mampu melakukan kontrol emosi dan gairah Anda secara tepat.

Selain itu, trauma masa lalu, yaitu terkait kebiasaan masturbasi atau hubungan seksual yang tidak menyenangkan di masa lalu. Bahkan masalah biologis seperti penyakit diabetes, tiroid, ketidakseimbangan hormonal, pembesaran prostat, atau tingkat kepekaaan dan kesensitifan ujung penis terlalu tinggi maupun hal-hal lainnya.

Meski banyak hal yang bisa menyebabkan ejakulasi dini, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk mengatasi terjadinya ejakulasi dini:

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta makanan bergizi lainnya.
  • Rutin olah raga untuk menjaga kebugaran.
  • Hindari stres dan beban kerja yang terlalu berat.
  • Latihan pernapasan dan kontrol emosi.
  • Latihan kegel untuk menguatkan otot disekitar penis.
  • Latihlah diri Anda untuk menunda ejakulasi dengan berhenti sejenak ketika muncul sensasi akan keluar sehingga ejakulasi tidak terjadi.
  • Menggunakan obat herbal anti ejakulasi dini (sangat dianjurkan) karena obat herbal 100 % tidak menimbulkan efek samping berbahaya.
  • Lakukan masturbasi 1-2 jam sebelum berhubungan agar tidak mudah ejakulasi.
  • Gunakan kondom tebal saat berhubungan untuk mengurangi sensitivitas penis
  • Ciptakan suasana rileks dan santai saat melakukan hubungan seksual, kondisikan lingkungan senyaman mungkin, hindari pemikiran-pemikiran cemas, takut, tidak nyaman atau tidak percaya diri.
  • Mencegah ejakulasi dini juga dapat dilakukan dengan menekan perineum, yaitu area antara anus dan skrotum.

Jika Anda sudah melakukan beberapa tips di atas dan masih mengalami ejakulasi dini, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter andrologi supaya mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk menunda ejakulasi dini pada pria. Obat ini dapat mengandung antidepresan dan analgesik. Tetapi tentu saja obat-obatan ini dapat menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala.

Beberapa contoh obat di antaranya adalah fluoxetine, sertraline, paroxetine, dan dapoxetine. Seluruh obat-obatan ini termasuk kelompok antidepresan.

Selain itu, beberapa penanganan yang bisa diberikan yaitu konseling, obat bius oles untuk mengurangi sensitivitas penis atau selective serotonin reuptake inhibitor.

baca juga: 5 Tips Mengontrol Ejakulasi Dini yang Efektif dan Efisien

Perlu diketahui juga, ejakulasi dini dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Ejakulasi dini sekunder yaitu ejakulasi dini yang dialami seorang pria yang sebelumnya mengalami ejakulasi yang normal.
  2. Ejakulasi dini primer adalah ejakulasi dini yang dialami pria mulai saat pertama kali berhubungan seksual.

Perlu diketahui, bahwa setiap pria pasti pernah mengalami ejakulasi dini. Jika hal ini terjadi sesekali, hal itu adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Sebenarnya tidak ada patokan pasti soal durasi berhubungan seksual yang baik karena hal ini tergantung kepada kepuasan masing-masing pasangan. Pada umumnya, rata-rata pria mencapai ejakulasi setelah melakukan penetrasi sekitar lima menit.