Tempat Kerja Terlalu Berisik Bisa Memicu Hipertensi dan Kolesterol Tinggi

doktersehat-stres-kerja-pusing

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menghasilkan fakta mengejutkan bahwa tempat kerja yang terlalu berisik bisa membuat karyawan lebih rentan terkena masalah hipertensi dan kolesterol tinggi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dilansir dari Channel News Asia, ruang kerja yang terlalu berisik ternyata bisa membuat karyawan mengalami kesulitan mendengar. Bahkan, kerap bekerja di tempat dengan kondisi yang bising disebut-sebut akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dengan signifikan.

Elizabeth Masterson dari National Institute for Occupational Safety and Health yang ada di Cincinnati, Ohio, menyebutkan bahwa dalam penelitian yang dilakukannya, banyak pekerja yang mengalami masalah pendengaran, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Salah satu penyebab dari masalah-masalah tersebut adalah suara berisik yang mereka alami saat bekerja.

Suara yang berisik disebut-sebut bisa memicu stress dalam tubuh. Kondisi ini bisa memicu pelepasan hormon stres seperti kortisol, menyebabkan perubahan pada detak jantung dan pembuluh darah.

Dalam penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam American Journal of Industrial Medicine ini, disebutkan bahwa 22.906 orang dewasa yang bekerja dilibatkan pada tahun 2014 lalu. Hasilnya adalah, 1 dari 4 pekerja terpapar suara bising saat bekerja di masa lalu dan 14 persen dari seluruh pekerja mengalaminya saat penelitian berlangsung. Para pekerja ini berasal dari tempat yang bising seperti pertambangan, konstruksi, dan manufaktur.

Para peneliti kemudian menemukan fakta bahwa 12 persen dari para pekerja ini mengalami gangguan pendengaran, 24 persen mengalami masalah tekanan darah tinggi, 28 persen mengalami masalah kolesterol tinggi, dan 4 persen lainnya mengalami masalah kardiovaskular serius seperti serangan jantung atau stroke.

Melihat adanya fakta ini, jika kita bekerja di tempat yang cenderung bising, sering-seringlah melakukan pengecekan kesehatan dan pastikan untuk menjaga gaya hidup sehat agar tidak terkena masalah kesehatan.