Makan Telur Mentah, Sehat dan Amankah?

doktersehat-kuning-telur-kolesterol

DokterSehat.Com– Makan telur mentah? Hmm, mungkin banyak orang berpikir dulu seribu kali. Meski masih terdengar aneh, faktanya memang telur mentah telah digunakan untuk berbagai olahan makanan dan minuman. Sering dianggap berbahaya, namun sebenarnya ada beberapa cara untuk mengurangi bahaya konsumsi telur mentah.

Seperti yang kita ketahui bahwa telur mentah rentan mengalami kontaminasi bakteri salmonela. Namun, dengan melakukan beberapa kontrol sebelum penggunaan telur mentah, maka risiko penyakit akibat bakteri salmonela dapat dikurangi.

Menurut US Departement of Health And Human Services beberapa cara yang bisa dilakukan agar konsumsi telur mentah lebih aman adalah:

1. Pilih telur pasteurisasi

 

Produk yang sudah melalui proses pasteurisasi artinya telah melewati standar kontrol untuk menghilangkan beberapa jenis bakteri patogen yang ada dalam produk tersebut. Dibandingkan dengan telur biasa, maka telur pasteurisasi bisa kita gunakan dalam olahan yang menggunakan telur mentah.

2. Pastikan kondisi fisik telur

Kontaminan atau bakteri bisa masuk jika telur memiliki bagian terbuka atau retak. Untuk itu, pastikan telur masih utuh agar bagian dalam telur lebih terjaga. Pastikan pula telur bersih dan permukaan telur rata untuk mengecek kondisi fisik telur secara keseluruhan.

3. Cegah kontaminasi dengan bahan makanan lain

Telur mentah yang telah terbuka sebaiknya segera digunakan. Membiarkannya dalam keadaan terbuka dan berdekatan dengan bahan atau menggunakan alat/ wadah bahan lain, misalnya daging mentah atau susu, akan meningkatkan risiko kontaminasi silang pada bahan makanan. Untuk itu, pastikan tempat menyimpan, alat dan wadah yang kita gunakan tidak menyebabkan kontaminasi.

4. Membuat sendiri makanan dengan olahan telur mentah

Saus, minuman atau masakan yang menggunakan telur mentah, kurang dapat dipastikan keamannya jika kita membelinya. Untuk itu, membuat sendiri olahan makanan dari telur mentah akan lebih baik karena kita bisa memastikan kualitas telur yang kita gunakan.

Aneka ragam olahan masakan memang unik dan tidak ada habisnya. Kini ada cukup banyak olahan yang menggunakan telur mentah sebagai bahan bakunya.

Tentu boleh-boleh saja jika kita ingin mengonsumsinya, namun kita harus perhatikan kualitas bahan makanannya dulu agar tidak berisiko bagi  kesehatan ya!