Ini Baik dan Buruknya Sering Makan Telur Ikan

telur-ikan-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda pernah makan telur ikan? Menurut sebagian orang yang suka dengan makanan ini pasti akan merasakan sensasi gurih dan nikmat yang luar biasa dalam setiap kecap. Namun, tidak semua orang suka dengan telur ikan. Bagi yang tidak suka, biasanya akan merasa jijik ketika mengunyah makanan ini, terlebih jika baunya masih amis. Sehingga tak jarang banyak yang membuangnya.

Bicara tentang telur ikan, tentu saja Anda sebagai penikmat harus mengetahui apa manfaat dan kekurangan dari mengonsumsi telur ikan. Sebab, ternyata tidak hanya manfaat saja yang akan Anda dapatkan, tapi juga ada efek sampingnya.

Apa saja manfaat dan efek samping dari mengonsumsi telur ikan? Simak informasinya berikut ini.

Manfaat:

  • Kaya Gizi

Telur ikan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat kaya akan gizi baik dan protein sehingga baik dikonsumsi untuk membantu pembentukan otot. Bagi anak yang dalam usia pertumbuhan, cukup disarankan mengonsumsi telur ikan secara rutin dalam takaran normal.

  • Kaya Vitamin

Telur ikan juga sangat kaya akan vitamin yang bisa memasok lebih dari 11 persen kebutuhan tubuh. Dari hasil lab, ditemui hasil bahwa kandungan vitamin dari telur ikan bisa menyetarai beberapa gelas jus buah. Tentu saja, jumlah itu bukan jumlah yang sedikit bukan?

  • Mengandung Omega3

Omega3 memang menjadi salah satu zat yang paling dicari dari semuat jenis ikan. Dari penelitian terakhir, ditemukan hasil bahwa telur ikan merupakan sumber tertinggi asam lemak omega3. Apalagi telur ikan itu adalah telur dari salmon, maka omega3 yang didapatkan akan semakin tinggi pula.

Efek Samping

Namun, di balik semua manfaat itu ternyata telur ikan juga memiliki efe samping yang harus diperhatikan. Sebab, telur ikan memiliki kandungan atau kadar sodium yang sangat tinggi sehingga bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi, stroke, dan jantung. Perhatikan pula pada wanita hamil, sebab diklaim memiliki kontaminan seperti merkuri.