Telur Asin Bisa Atasi Diare?

telur_asin_doktersehat_1
Photo Source: http://telorbakaryes.com

DokterSehat.Com– Diare adalah masalah kesehatan yang membuat frekuensi buang air besar meningkat sekaligus membuat kotoran menjadi lebih lembek atau cair. Penyakit ini seringkali disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, atau parasit yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang sudah terkontaminasi dan tidak higienis atau kebiasaan malas mencuci tangan sebelum makan.

Diare bisa berlangsung hingga beberapa hari, namun dalam beberapa kasus, diare parah bisa berlangsung hingga beberapa minggu. Yang menjadi masalah adalah, diare juga bisa memicu gangguan kesehatan lainnya seperti menurunnya berat badan dengan drastis, dehidrasi, hingga kematian.

Di Indonesia, terdapat sebuah mitos yang menyebutkan bahwa diare bisa diatasi dengan mengonsumsi telur asin. Sebenarnya, apakah memang telur asin bisa mengatasi masalah kesehatan ini?

Karena rasanya asin, bisa dipastikan bahwa di dalam telur asin terdapat kandungan garam yang cukup tinggi. Fungsi dari garam ini pun mirip dengan cairan oralit yang bisa mencegah sekaligus mengatasi masalah dehidrasi yang dialami oleh penderita diare. Selain itu, telur asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi dengan makanan sehat lainnya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sehat tubuh kita. Telur asin juga termasuk dalam makanan yang lunak, lembut, dan rendah serat. Hal ini bisa membantu pencernaan menjadi lebih lambat sehingga mampu menenangkan saluran pencernaan.

Melihat adanya fakta ini, telur asin memang bisa dijadikan salah satu obat alternatif untuk mengatasi diare. Hanya saja, jika memang diare sudah cukup parah, jangan ragu untuk mendatangi dokter demi mendapatkan obat yang tepat karena jika dibiarkan, diare bisa menjadi lebih parah dan berbahaya.