Telinga Sering Terasa Nyeri? Bisa Jadi Tanda Kanker Lho

doktersehat-wanita-kepala-pusing-telinga

DokterSehat.Com– Banyak orang yang tidak menyangka jika organ tubuh seperti telinga bisa saja terkena kanker. Padahal, kanker memang bisa menyerang semua bagian tubuh kita, termasuk telinga. Memang, kasus kanker yang menyerang telinga masih cenderung sangat jarang terjadi dan itupun seringkali berada di lapisan luar kulit, bukannya bagian dalam atau tengah. Namun, jika kita sudah mengalami gejala seperti ini, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi telinga ke dokter.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gejala awal dari kanker pada telinga adalah munculnya benjolan dengan warna merah muda pada telinga luar dengan permukaan yang bersisik dan keras. Biasanya, hal ini juga disertai dengan rasa nyeri pada bagian tengah telinga atau bahkan benjolan ini mulai mengeluarkan darah.

Jika hal ini tidak segera ditangani dengan benar, bisa jadi bagian dalam telinga akan mulai terasa sakit, diikuti dengan seringnya sakit kepala muncul, dan mulai mengalami gangguan pendengaran. Sebelum menyebar dan menjadi lebih parah, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Dokter biasanya akan mengecek jaringan kecil pada telinga dan memeriksanya dengan detail. Selain itu, untuk memastikan seberapa parah jaringan kanker ini sudah menyebar, dokter juga akan memakai pemindaian MRI atau CT Scan yang bisa memberikan gambaran dengan lebih jelas. Untuk pengobatan, dokter bisa melakukan operasi, kemoterapi, radioterapi, dan berbagai solusi lainnya yang diperlukan sesuai dengan tingkat keparahan yang disebabkan oleh kanker ini.

Melihat adanya fakta ini, jangan disepelekan jika kita sering mengalami nyeri telinga. Segera periksakan ke dokter ya?