Terbit: 27 Februari 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Pernahkah telinga kanan Anda tiba-tiba berdenging? Kerap dikaitkan dengan sejumlah pertanda, ternyata telinga kanan berdenging ada penjelasan medisnya, lho! Lantas, apa arti telinga kanan berdenging menurut medis?

11 Penyebab Telinga Kanan Berdenging (Bukan Mitos)

Apa Itu Telinga Berdenging?

Telinga berdenging adalah kondisi di mana muncul suara dengungan yang berasal dari dalam telinga. Di dunia medis, telinga berdenging dikenal dengan istilah tinnitus. Umumnya, telinga berdenging atau tinnitus hanya terjadi di salah satu telinga, entah telinga kanan atau kiri. Nah, hal inilah yang lantas kerap dikaitkan dengan sejumlah pertanda atau firasat.

Selain suara mendenging, tinnitus sendiri sejatinya merujuk pada jenis suara ‘aneh’ lainnya seperti gema, siulan, hembusan angin, hingga decitan. Apapun itu, masalah telinga yang satu ini tentunya sangat mengganggu dan tak jarang membuat penderitanya sampai depresi!

Telinga Kanan Berdenging, Apa Artinya?

Terlepas dari mitos yang berkembang perihal arti telinga kanan (dan telinga kiri) mendenging, secara medis hal ini merupakan pertanda dari adanya sejumlah kondisi medis.

Berikut ini adalah arti telinga kanan berdenging menurut medis yang perlu Anda ketahui dan waspadai!

1. Usia

Arti telinga kanan mendenging (maupun telinga kiri) yang dialami bisa terkait dengan usia.

Ya, seiring bertambahnya usia, fungsi organ tubuh tentu akan mengalami penurunan kualitas. Hal ini tak terkecuali berlaku untuk organ pendengaran. Telinga berdenging atau tinnitus lantas sangat rentan dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut, sekitar 60 tahun ke atas.

2. Penggunaan Obat-Obatan

Penyebab telinga kanan mendenging selanjutnya adalah penggunaan obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan yang mungkin akan menimbulkan efek samping berupa telinga berdenging antara lain sebagai berikut:

  • Aspirin (jika dosis melebihi 12 kali dalam sehari)
  • Obat diuretik, seperti bumetanide
  • Obat antimalaria, seperti chloroquine
  • Obat antibiotik, seperti erythromycin dan gentamicin
  • Obat antikanker, seperti vincristine

3. Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Apakah Anda suka mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume yang cukup—atau bahkan—keras?

Jika ya, maka jangan ‘mengambinghitamkan’ mitos yang beredar manakala tiba-tiba saja telinga kanan (dan kiri) Anda berdenging. Pasalnya, mendengarkan musik terlalu keras juga menjadi salah satu penyebab utama dari tinnitus.

Dampak buruk dari mendengarkan musik terlalu keras ini bahkan sudah dikonfirmasi oleh penelitian. Melibatkan sekitar 170 orang remaja, penelitian tersebut membuktikan bahwa mendengarkan musik dengan volume keras ‘sukses’ menghasilkan bunyi denging pada telinga kanan dan kiri.

Lebih lanjut, mendengarkan musik menggunakan earphone terlalu sering juga berpotensi menimbulkan gangguan pendengaran di masa depan, sekalipun volume musik tidak terlalu keras. Jadi, sebaiknya lebih berhati-hati lagi dalam hal ini, ya.

4. Infeksi Saluran Telinga

Adanya infeksi pada saluran telinga Anda juga bisa menjadi arti telinga kanan berdenging (atau kiri jika infeksi terjadi di sebelah kiri).

Hal ini apabila selain berdenging, Anda juga merasakan nyeri pada telinga. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter terutama jika kondisi ini sudah berlangsung lebih dari 3 hari. Penanganan medis yang cepat akan meminimalisir risiko yang lebih besar.

5. Penyakit Meniere

Anda pernah mendengar jenis gangguan pendengaran yang satu ini? Ya, meniere adalah nama suatu penyakit telinga yang juga menjadi penyebab telinga kiri maupun telinga kanan mendenging.

Meniere terjadi ketika ada kelebihan cairan di dalam telinga. Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya seperti gangguan sistem imunitas tubuh.

Telinga berdenging adalah salah satu gejala yang hampir pasti dialami oleh penderita Meniere. Akan tetapi, penyakit ini juga ditandai oleh sejumlah gejala lainnya seperti:

  • Kepala pusing (vertigo)
  • Penurunan daya dengar
  • Tekanan pada telinga bagian dalam

6. Neuroma Akustik

Pada telinga (tepatnya telinga bagian dalam) terdapat saraf yang terhubung dengan saraf pusat, disebut sebagai saraf kranial dan fungsinya untuk mengendalikan fungsi pendengaran.

Manakala pada saraf kranial terdapat tumor jinak, timbullah penyakit yang dikenal dengan nama neuroma akustik. Nah, salah satu pertanda awal dari penyakit neuroma akustik ini adalah munculnya suara denging dari dalam telinga kanan maupun telinga kiri.

7. Diabetes

Telinga kanan berdenging, sebagaimana dilansir dari Healthline, juga bisa menjadi pertanda dari penyakit gula darah atau diabetes.

Akan tetapi, jangan buru-buru beranggapan bahwa telinga kiri maupun telinga kanan berdenging yang dialami mengindikasikan jika Anda mengalami diabetes, ya. Pasalnya, telinga kanan berdenging akibat diabetes harus disertai juga dengan gejala diabetes yang lainnya.

8. Tekanan  Darah Tinggi (Hipertensi)

Anda yang memiliki penyakit darah tinggi (hipertensi) juga dimungkinkan untuk merasakan dengingan pada telinga kanan.

Akan tetapi, hal ini masih perlu dipastikan lagi. Oleh sebab itu, segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami telinga kanan berdenging yang berlangsung cukup lama atau sering.

9. Kolesterol

Tumpukan lemak LDL alias kolesterol ‘jahat’ di dalam tubuh Anda bisa jadi menjadi alasan mengapa tiba-tiba saja telinga kiri atau telinga kanan berdenging.

Jika diagnosis dokter mengarah ke sini, maka yang perlu Anda lakukan adalah mulai menerapkan pola hidup sehat yakni menghindari jenis-jenis makanan yang mengandung banyak kolesterol.

10. Trauma

Benturan yang terjadi pada telinga kanan Anda, entah itu karena terjatuh atau mengalami kecelakaan, biasanya akan berujung pada kondisi telinga kanan mendenging.

Jika benturan tergolong ringan, dengingan pada telinga mungkin akan hilang dalam beberapa waktu ke depan. Namun apabila benturan terbilang parah, perawatan medis khusus perlu dilakukan guna mencegah kemungkinan terburuk.

11.  Tumor Otak

Pada kasus yang lebih parah, arti telinga kanan berdenging berkaitan dengan penyakit tumor otak. Hal ini dikarenakan tumor menyebabkan penyumbatan pada saraf otak yang lantas berdampak pula pada pendengaran.

Kendati demikian, kasus tumor otak yang berujung pada telinga kanan berdenging ini terbilang jarang terjadi, namun sebaiknya Anda tetap waspada, ya.

Pengobatan Telinga  Kanan Berdenging

Pengobatan telinga kanan berdenging tergantung dari penyebab kondisi ini terjadi. Akan tetapi, metode pengobatan yang umumnya dilakukan meliputi:

  • Pemberian obat antidepresi
  • Tinnitus retaining therapy (TRT)
  • Terapi suara
  • Terapi perilaku kognitif
  • Menggunakan pelindung telinga

Selain itu, dokter biasanya akan meminta Anda untuk sebisa mungkin mengendalikan stres guna mempercepat proses penyembuhan.

 

  1. Anonim. What Is Meniere’s Disease? https://www.webmd.com/brain/what-is-meniere-disease#1 (Diakses pada 27 November 2019)
  2. Anonim. Acoustic Neuroma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acoustic-neuroma/symptoms-causes/syc-20356127 (Diakses pada 27 November 2019)
  3. Davis, K. 2017. What you need to know about tinnitus. https://www.medicalnewstoday.com/articles/156286.php (Diakses pada 27 November 2019)
  4. Roth, E. 2019. Why Are My Ears Ringing? https://www.healthline.com/health/tinnitus (Diakses pada 27 November 2019)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi