Telat Untuk Sarapan? Konsumsi Camilan Sehat Ini Saja

doktersehat-diet-apel-roti-gandum-salad

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika sarapan pagi adalah salah satu waktu makan yang paling penting bagi kesehatan kita. Tak hanya menyediakan energi, sarapan pagi juga akan membuat otak kita menjadi lebih mudah untuk fokus atau berpikir. Sayangnya, karena tidak memiliki waktu untuk sarapan atau karena bangun kesiangan, banyak orang yang akhirnya telat untuk sarapan. Untungnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa camilan sehat yang bisa kita konsumsi sebagai pengganti sarapan. Camilan apa sajakah itu?

Pakar kesehatan gizi Widya Fadila menyebutkan bahwa mereka yang telat untuk sarapan bisa mengkonsumsi semacam roti atau semacam fruitbar yang mengenyangkan dan menyediakan asupan energi. Hanya saja, jika sebenarnya jam masih menunjukkan pukul 9 atau 10, kita masih bisa mengkonsumsi sarapan pagi seperti biasa.

Memang, sarapan sebaiknya dilakukan sebelum jam 9 pagi. Namun, jika kita tetap mengkonsumsi sarapan pagi setelah waktu tersebut, kita tetap masih bisa memberikan asupan energi yang cukup bagi kondisi kesehatan tubuh.

Jika pada pukul 11 siang atau masih sebelum jam makan siang kita sudah lapar, ada baiknya kita tidak sembarangan mengkonsumsi camilan seperti biskuit, keripik, atau camilan tidak sehat lainnya. Jika kita mengkonsumsinya, maka asupan kalori harian meningkat dan kita justru bisa meningkatkan berat badan. Pakar kesehatan lebih merekomendasikan asupan camilan sehat layaknya buah-buahan saja. Selain rendah kalori dan lebih sehat, mengkonsumsi buah sebagai camilan juga akan membuat kita mendapatkan asupan serat yang cukup untuk mengendalikan nafsu makan. Hal ini tentu akan menghindarkan kita dari konsumsi makan siang yang berlebihan.