Terbit: 1 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar informasi yang menyebut berjalan tanpa menggunakan alas kaki alias bertelanjang kaki bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Banyak orang yang mencobanya saat olahraga pagi di taman atau di jalanan yang sudah diberi tambahan batu yang memberikan efek seperti pijat refleksi. Sebenarnya, apakah bertelanjang kaki saat berjalan bisa memberikan manfaat kesehatan?

Telanjang Kaki Saat Berjalan, Sehat atau Berbahaya?

Manfaat Bertelanjang Kaki saat Berjalan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa dilakukan jika kita berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Bisa Membuat Sirkulasi Darah Meningkat

Manfaat pertama yang bisa didapatkan jika kita berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki adalah bisa membuat sirkulasi darah meningkat. Hal ini disebabkan oleh aktifnya otot-otot di kaki untuk menyeimbangkan tubuh dan saraf yang mengirim sinyal menuju otak. Dengan sirkulasi darah yang semakin membaik, maka risiko terkena penyakit kardiovaskular pun bisa ditekan.

  1. Mengatasi Peradangan

Berjalan kaki tanpa alas kaki di dalam rumah, di taman atau halaman rumah, dan di atas rumput bisa membantu menghilangkan peradangan di dalam tubuh. Dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai proses grounding yang bisa membuat tubuh mendapatkan ion positif. Hal ini juga bisa membuat radikal bebas hilang dari tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Bisa Membuat Kualitas Tidur Meningkat

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, berjalan tanpa menggunakan alas kaki bisa membantu tubuh mendapatkan ion positif sekaligus menghilangkan ion negatif. Hal ini akan berimbas pada membaiknya ritme sirkadian tubuh. Hal ini bisa membuat kualitas tidur kita semakin membaik, baik itu dalam hal membuat tidur menjadi nyenyak atau durasi tidur yang cukup setiap malam.

  1. Memberikan Pijatan

Pakar kesehatan dari Lallous’ Lab menyebut berjalan tanpa alas kaki di permukaan yang tidak rata bisa memberikan manfaat seperti pijatan refleksi. Hal ini berarti, jika kita berjalan di permukaan yang sudah diberi tambahan batu-batuan di taman, memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menghasilkan fakta bahwa kebiasaan berjalan tanpa alas kaki bisa membantu mencegah penggumpalan atau pengentalan darah. Sebagai informasi, kedua kondisi ini adalah penyebab utama dari penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Terlatihnya otot-otot tubuh saat berjalan tanpa menggunakan alas kaki bisa membuat postur dan keseimbangan tubuh cenderung semakin membaik.

  1. Membuat Badan Menjadi Lebih Bugar

Meningkatnya sirkulasi darah dan keseimbangan tubuh akan berimbas pada tubuh yang terasa jauh lebih bugar dan fit. Hal ini tentu akan membuat kita lebih produktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Efek Buruk Berjalan Tanpa Menggunakan Alas Kaki

Meskipun banyak memberikan banyak manfaat kesehatan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak sembarangan berjalan tanpa menggunakan alas kaki, khususnya di dalam rumah. Jika kita berada di dalam rumah, kita bisa melakukannya karena secara umum permukaan lantai biasanya datar dan tidak akan mudah menyebabkan cedera.

Jika kita melakukanya di luar rumah, apalagi di jalanan, bisa jadi kaki akan terluka karena ada bebatuan yang runcing. Bahkan, jika ada pecahan kaca, paku berkarat, atau jarum yang ada di permukaan jalanan, bisa jadi akan terinjak dan menyebabkan luka. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita berjalan tanpa alas kaki di dalam rumah, di halaman rumah, atau di atas rumput yang dipastikan bersih dan aman. Jika ada taman yang memang diperuntukkan untuk berjalan tanpa alas kaki, kita juga bisa melakukannya di tempat tersebut.

 

Sumber:

  1. Mattish, Stacey. 2016. The healthy effects of walking barefoot. https://remedydaily.com/2016/05/06/the-healthy-effects-of-walking-barefoot. (Diakses pada 1 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi