Terbit: 27 Oktober 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Pomodoro adalah suatu teknik manajemen waktu yang mungkin bisa jadi solusi bagi Anda yang merasa kurang produktif selama seharian penuh, entah itu dalam hal pekerjaan atau belajar. Benarkah demikian? Simak informasi selengkapnya berikut ini, yuk!

Teknik Pomodoro, Selesaikan Tugas dengan Lebih Efisien

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Pomodoro adalah teknik manajemen waktu yang kabarnya dapat membantu orang-orang yang sering tidak fokus untuk dapat menyelesaikan tugas atau pekerjaan mereka dengan baik dalam jangka waktu yang terbilang singkat. Metode ini dipopulerkkan oleh Fransesco Cirillo pada akhir 80-an. Ide dari metode tersebut  terlintas ketika ia masih berstatus sebagai mahasiswa.

Ya, Cirillo juga pernah mengalami yang namanya ‘sulit fokus’ saat sedang mengerjakan tugas-tugas kuliahnya. Teknik pomodoro ini lantas akan membagi waktu ke dalam beberapa interval singkat. Cirillo sendiri pada waktu itu menggunakan timer berbentuk buah tomat untuk membagi waktu. Melalui metode ini, ia mengklaim jika fokusnya menjadi bertambah dan tugas pun dapat terselesaikan dengan baik.

Manfaat Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro ciptaan Cirillo ini akan mendatangkan sejumlah manfaat bagi Anda. Apa saja manfaat tersebut?

1. Menambah Fokus

Manfaat yang pertama dari metode bekerja atau belajar ini adalah untuk menambah fokus Anda. Ya, salah satu alasan terbesar mengapa Anda seringkali sulit untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan secara tepat waktu dan baik adalah kurangnya fokus.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Terlepas dari fakta jika fokus seseorang memang akan menurun setelah sekian lama melakukan aktivitas, hal ini juga ada pengaruhnya dari berbagai hal di sekitar yang mendistraksi pikiran Anda, seperti contohnya gadget atau ajakan untuk ‘ngobrol’ dari teman-teman. Nah, pomodoro bisa membantu Anda untuk menambah dan menjaga fokus tersebut.

Bagaimana bisa? Jawabannya karena teknik ini memungkinkan Anda untuk beristirahat sejenak beberapa kali dari tugas-tugas yang sedang dikerjakan. Dengan demikian, fokus tetap terjaga dan malah bisa meningkat.

2. Meningkatkan Produktivitas

Akibat fokus yang hilang, produktivitas Anda pun juga ikut menurun karena tugas-tugas tidak dapat terselesaikan dengan baik. Sebaliknya, jika fokus terjaga dengan baik, Anda jadi lebih produktif karena tugas-tugas tersebut bisa selesai tepat waktu dan hasilnya optimal.

Ya, inilah manfaat atau kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan teknik pomodoro dari Cillio. Jadi, cobalah metode ini mulai dari sekarang jika ingin produktif, ya!

3. Menumbuhkan Kedisiplinan

Melakukan teknik ini juga sadar atau tidak sadar akan menumbuhkan kedisiplinan. Itu karena pomodoro bersifat mutlak, artinya ada batasan waktu yang harus Anda patuhi (jika Anda melakukannya dengan benar).

Misal, interval waktu yang Anda tentukan selama 25 menit, dengan jeda waktu istirahat selama 5-10 menit. Maka jika ingin proses ini berjalan lancar, Anda harus mengikuti jadwal tersebut, bukan? Nah, lama-kelamaan sikap disiplin pun tumbuh.

4. Menyehatkan Tubuh

Teknik ini tidak akan membiarkan Anda untuk memaksakan tubuh—terutama otak—untuk terus-terusan bekerja. Anda memiliki kesempatan untuk mengistirahatkan otak setiap 25 menit sekali. Selain itu, waktu istirahat bisa Anda gunakan untuk melakukan peregangan tubuh agar otot-otot tidak tegang.

Ini tentu saja sangat baik untuk membuat tubuh dan pikiran Anda tetap sehat. Tapi ingat, jangan beristirahat melebihi batas waktu yang telah Anda tetapkan, ya.

5. Penerapan yang Mudah

Penerapan yang mudah adalah kelebihan lainnya dari metode  manajemen waktu yang satu ini. Anda hanya perlu timer—yang mana ini tersedia pada gawai—dan mungkin semacam catatan jadwal aktivitas yang akan Anda lakukan sehari-hari.

Apa Alasan untuk Menerapkan Teknik Pomodoro?

Anda mungkin bertanya-tanya, “Mengapa saya harus menerapkan teknik pomodoro ?”. Ada sejumlah alasan atau kondisi mengapa sekiranya Anda perlu untuk melakukan metode ini, yaitu:

  • Sering terdistraksi saat sedang bekerja atau belajar
  • Bekerja atau belajar melewati batas waktu
  • Pekerjaan atau tugas-tugas lainnya tidak bisa terselesaikan dengan baik dalam satu hari dan jadi semakin menumpuk
  • Kerap merasa stres atau bahkan depresi karena tugas-tugas tidak kunjung selesai
  • Tugas-tugas sudah sampai menimbulkan gangguan fisik seperti lelah

Cara Melakukan Teknik Pomodoro

Nah, sekarang Anda sudah tahu apa manfaat dari teknik belajar ini dan kenapa Anda perlu menerapkannya ketika sedang mengerjakan tugas, bukan? Sekarang, bagaimana cara melakukan pomodoro tersebut? Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  • Tentukan tugas apa saja yang ingin Anda kerjakan
  • Tulis atau ketik tugas-tugas tersebut untuk nanti di-checklist saat sudah selesai
  • Berilah masing-masing tugas waktu selama 25 menit untuk menyelesaikannya
  • Pasang timer sebagai penanda waktu
  • Saat timer berbunyi, hentikan pekerjaan tersebut
  • Beri tanda checklist
  • Berilah waktu jeda selama 5 menit—atau 10 menit jika Anda mau—untuk beristirahat
  • Lanjut mengerjakan tugas kembali
  • Apabila sudah ada 4 tugas yang terselesaikan—atau jika sudah mencapai waktu 100 menit—beri jeda waktu untuk beristirahat yang lebih lama, yakni sekitar 20-30 menit

Dalam penerapannya, Anda mungkin masih akan mengalami distraksi. Namun jangan khawatir, jadikan hal tersebut sebagai bahan evaluasi sehingga bisa menjadi lebih baik di kemudian hari. Ingat, menerapkan metode ini juga perlu proses sampai benar-benar terbiasa. Anda hanya perlu konsisten dalam melakukannya.

Tips agar Teknik Pomodoro Berjalan Lancar

Berikut ini ada sejumlah tips agar penerapan teknik pomodoro berjalan dengan lancar dan efektif:

  • Usahakan untuk mematikan data seluler Anda agar tidak ada keinginan untuk berselancar di dunia maya
  • Sampaikan pada teman, kerabat, dan lainnya untuk tidak menghubungi Anda sementara waktu hingga tugas selesai (kecuali orang-orang yang ada hubungan pekerjaan langsung dengan Anda)
  • Pastikan Anda mengikuti jadwal yang telah dibuat, termasuk ‘mematuhi’ interval waktu pengerjaan tugas

 

  1. Anonim. The Pomodoro Technique. https://todoist.com/productivity-methods/pomodoro-technique (accessed on 27 October 2020)
  2. Anonim. Do more and have fun with time management. https://francescocirillo.com/pages/pomodoro-technique (accessed on 27 October 2020)
  3. Boogard, K. Take it From Someone Who Hates Productivity Hacks—the Pomodoro Technique Actually Works. https://www.themuse.com/advice/take-it-from-someone-who-hates-productivity-hacksthe-pomodoro-technique-actually-works (accessed on 27 October 2020)
  4. Collins, B. 2020. The Pomodoro Technique Explained. https://www.forbes.com/sites/bryancollinseurope/2020/03/03/the-pomodoro-technique/#7458e7503985 (accessed on 27 October 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi