11 Cara Memakai Masker Wajah yang Tepat

doktersehat-masker-alami

DokterSehat.Com – Untuk mendapatkan hasil maksimal saat menggunakan masker wajah, maka selain menentukan jenis masker wajah yang tepat, kita pun dituntut untuk menentukan waktu yang tepat untuk menggunakan masker, dan mengetahui cara penggunaan yang tepat.

Cara Memakai Masker Wajah yang Tepat

Waktu yang tepat untuk maskeran adalah di malam hari, karena malam hari merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat, begitu pun untuk kulit Anda. Perawatan kulit di malam hari bermanfaat memperbaiki kerusakan sel-sel kulit oleh polusi, sinar UV dan melembapkan kulit. Jadi, waktu yang tepat menggunakan masker wajah adalah ketika Anda berisirahat di malam hari.

Berikut cara memakai masker wajah yang tepat:

1. Periksa kulit wajah

Ada banyak jenis masker di pasaran dan ada lebih banyak lagi jenis masker yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Pertama, bercerminlah dan tentukan hasil apa yang Anda inginkan dari masker wajah. Apakah Anda ingin menyegarkan kulit atau menghilangkan minyak berlebih? Apakah ingin menghilangkan jerawat atau mencari produk antipenuaan? Setelah mengetahui jenis masker yang dibutuhkan, Anda bisa membeli atau membuat masker wajah alami yang tepat.

2. Siapkan masker wajah

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan saat menggunakan masker, yakni membeli masker kemasan dari toko atau membuat masker sendiri di rumah. Jika hendak hendak menggunakan masker kemasan, bacalah instruksi penggunaannya dan ikutilah instruksinya. Jika menggunakan masker buatan sendiri, siapkan semua bahan dan ikutilah resepnya.

Masker alami buatan sendiri bisa dibuat dari putih telur, alpukat, susu, oatmeal, dan produk-produk rumah tangga lainnya. Carilah resep yang cocok untuk Anda. Masker kemasan tersedia untuk berbagai keluhan kulit dan jenis kulit. Bacalah bahan-bahan yang tertera pada label dan cari masker yang ingin Anda gunakan.

3. Siapkan kuas wajah

Masker wajah lebih baik dioleskan dengan kuas berbulu lembut, seperti kuas lukis, yang biasa digunakan untuk karya seni atau tint brush, biasanya digunakan untuk mengoleskan pewarna rambut. Belilah kuas yang khusus untuk pemakaian masker dan bersihkan kuas setelah selesai dipakai. Anda juga membutuhkan mangkuk untuk wadah masker, serta handuk.

4. Potonglah mentimun

Anda bisa memotong dua irisan tipis mentimun untuk diletakkan di atas mata. Mentimun akan membuat area mata rileks dan mengurangi kantung mata. Jika tidak punya mentimun, irisan kentang mentah juga bisa digunakan.

5. Simpan bahan masker di dalam lemari es 

Simpan semua bahan di dalam lemari es hingga Anda siap menggunakannya. Lakukan langkah ini terutama jika menggunakan bahan-bahan yang tidak tahan lama. Meski demikian, masker kemasan pun akan lebih bagus untuk kulit dan lebih enak dipakai dalam keadaan dingin. Untuk efek mendinginkan, masukkan masker wajah ke dalam lemari es setidaknya satu jam sebelum digunakan.

6. Bersihkan wajah dari berbagai hal yang menutupnya

Make up, kotoran, debu, keringat, minyak, dan lain sebagainya adalah hal hal yang menutup pori pori wajah. Sebelum menggunakan masker, silahkan Anda bersihkan dulu wajah Anda dengan menggunakan pembersih wajah, sehingga pori pori sudah siap menerima reaksi dari masker wajah secara langsung.

7. Bukalah pori-pori wajah

Masker juga akan efektif jika pori-pori wajah terbuka sebelum memakainya. Cara termudah untuk melakukannya adalah mandi dengan air panas sebelum menggunakan masker.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan handuk dan merendamnya di dalam air panas, lalu tutup wajah dengan handuk hingga handuk mendingin. Opsi ketiga adalah menguapi wajah di depan uap air panas selama 1-2 menit.

8. Oleskan masker secara merata

Cara memakai masker wajah yang benar adalah dengan mengolesi masker di seluruh bagian wajah, kecuali bagian bibir dan mata. Cara memakai masker wajah adalah secara tipis dan merata.

9. Diamkan kurang lebih 15 menit

Agar khasiat dari masker meresap ke dalam pori pori kulit wajah, diamkan masker selama kurang lebih 15 menit. Jangan lupa tempelkan irisan mentimun atau kendatang di kedua mata Anda.

10. Bersihkan menggunakan air hangat

Banyak orang yang keliru pada proses ini. Umumnya mereka membersihkan masker dengan menggunakan air dingin, padahal yang dianjurkan adalah menggunakan air hangat dengan kadar kehangatan hangat kuku. Bilas sampai semua masker terlepas dari wajah.

Baca juga: Tak Terduga, Inilah Manfaat Masker Kunyit Bagi Wajah

11. Keringkan dengan handuk bersih yang lembut

Pastikan handuk yang digunakan bersih dan memiliki tekstur yang lembut. Handuk yang berbahan kasar hanya akan melukai kulit wajah, dan handuk yang kurang bersih hanya akan membuat wajah ternoda oleh berbagai kotoran dan kuman penyakit.

Semoga informasi tentang penggunaan masker wajah yang tepat di atas bisa menjadi gambaran untuk Anda, tentang bagaimana teknik yang seharusnya saat menggunakan masker wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.