Teknik Menyendawakan Bayi yang Perlu Diketahui Orangtua

doktersehat-bayi-makan-sayur-buah

DokterSehat.Com– Anda mungkin pernah mendengar saran untuk membuat bayi bersendawa setelah menyusu. Saran ini ternyata terbukti baik bagi tubuh bayi. Menyendawakan bayi setelah menyusu bertujuan untuk mengeluarkan kelebihan udara dari perutnya. Hal ini membuat bayi merasa nyaman dan tidak rewel.

Gas dalam perut bayi biasanya masuk bersamaan saat menyusu. Semakin lama menyusu, semakin banyak udara yang masuk dan membuat bayi semakin kembung. Jika udara ini tidak dikeluarkan, maka hal ini dapat membuat bayi rewel, atau muntah. Karena itu penting untuk menyendawakan bayi setelah menyusu. Orang tua perlu membantu menyendawakan bayi hingga bayi bisa bersendawa sendiri atau kira-kira berumur 9 bulan.

Untuk menyendawakan bayi, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan orang tua, yaitu:

Menaruh di pundak
Cara ini merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh para orang tua. Caranya cukup mudah, gendong bayi di pundak dengan wajah menghadap ke belakang dengan posisi dada bayi ada di bahu orang tua. Tepuk punggung bayi berulang kali dengan lembut, lalu bayi akan sendawa.

Duduk tegak
Letakkan bayi dalam posisi duduk di pangkuan orang tua. Jangan lupa untuk menyangga bagian kepala dan badan bayi hingga bayi berada dalam posisi yang aman. Setelah itu tepuk bagian punggung bayi dengan gerakan yang lembut dan posisi orang tua masih menahan serta menjaga posisi bayi tetap stabil.

Membaringkan bayi

Tengkurapkan bayi pada lengan dengan meletakkan perut dan alat gerak bawahnya di bagian paha orangtua. Posisikan dada lebih tinggi daripada perut, lalu tepuk lembut pungungnya hingga bayi sendawa.

Metode tik-tok
Angkat bayi dengan meletakkan tangan orangtua di ketiak bayi hingga wajah bayi sejajar dengan wajah orang tua dan kaki bayi menggantung bebas. Ayunkan bayi kek kiri dan ke kanan secara perlahan sambil orang tua bersenandung tik-tok. Cara ini selain dapat membuat orang tua bersendawa juga dapat menciptakan kedekatan orang tua dan anak.

Menyendawakan bayi yang tertidur

Terkadang bayi menyusu hingga tertidur lelap. Ada kalanya ia tidak perlu disendawakan karena berarti tidak menelan gas. Namun orang tua dapat membuatnya bersendawa dengan memiringkan tubuh bayi saat tidur, atau menempatkan posisi kepala sedikit lebih tinggi dari perut dengan selimut.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa membuat udara dalam perut bayi keluar dengan cara menggerakkan kaki seperti gerakan mengayuh sepeda, atau memijat perutnya secara perlahan. Hati-hati saat memijat karena dapat membuat bayi gumoh atau muntah.