Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mengalami gangguan tidur atau insomnia memang sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, walau tubuh sudah terasa lelah karena aktivitas seharian, tapi mata tak bisa terpejam. Selain itu, penderita insomnia juga pasti sangat dirugikan, sebab saat malam hari seharusnya otak dan tubuh mendapatkan istrirahat yang cukup. Nah, jika diteruskan seperti itu, maka ancaman penyakit pun akan datang.

Teknik ini Terbukti Bisa Mengatasi Insomnia, Coba Yuk!

Photo Credit : pixabay.com

Menurut hasil riset, insomnia memang sebuah gangguan tidur yang sangat sering dialami oleh kebanyakan orang. Insomnia sendiri bisa timbul karena beberapa hal, misalnya rasa cemas yang berlebihan, kekhawatiran, ketakutan, hingga pola hidup atau kebiasaan yang kurang baik. Saat sudah seperti ini, maka sangat sulit untuk kembali normal layaknya orang lain yang tidur teratur.

Tak jarang pula, orang-orang mengonsumsi obat tidur agar cepat terlelap. Dan parahnya lagi, hal tersebut dilakukan setiap malam. Padahal, obat-obatan tersebut sudah pasti memiliki efek samping yang tidak baik jika dikonsumsi jangka panjang.

Nah, untuk mengatasi penyakit ini, begitu banyak penelitian dilakukan, baik secara individu maupun melalui lembaga. Seperti yang dilakukan oleh Harvard University, yaitu melakukan riset tentang insomnia dan mendapatkan solusi yang terbilang cukup ampuh. Alhasil, muncullah sebuah teknik jitu yang diklaim bisa mengatasi insomnia secara cepat. Teknik tersebut diberi nama metode 4-7-8.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Dari segi nama memang cukup aneh, bukan? Tapi tak usah khawatir. Sebab, nama tersebut hanyalah simbolik dari teknik yang harus dilakukan. Praktiknya pun cukup sederhana, pertama Anda harus duduk pada posisi senyaman mungkin di atas tempat tidur. Kemudian tarik nafas melalui hidung selama 4 detik. Lalu tahan napas selama 7 detik. Dan yang terakhir adalah menghembuskannya perlahan-lahan melalui mulut selama 8 detik. Jika dipadukan, maka praktik tersebut akan menjadi bilangan 4-7-8.

Dikabarkan pula, dengan teknik terbaru ini setiap orang bisa mengatasi kecemasan serta stres berlebih yang mengakibatkan insomnia. Lakukan teknik ini setiap malam dan Anda akan merasakan sensasi rileks sehingga insomnia Anda akan pulih dengan sendirinya.

Nah, itu dia teknik baru yang dikatakan bisa mengobati insomnia dalam sekejap. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi