Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menduga jika penyebab dari masalah susah tidur yang dialaminya adalah masalah tekanan darah tinggi. Namun, menurut pakar kesehatan, tekanan darah tidak bisa dijadikan satu-satunya penyebab dari masalah susah tidur ini.

Tekanan Darah Tinggi Menyebabkan Susah Tidur?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kita susah tidur. Tak hanya beban pikiran atau stress, kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein, kondisi kamar yang terlalu terang, atau kebiasaan menonton televisi dan memainkan ponsel sebelum tidur juga bisa menjadi pemicunya.

Hanya saja, jika memang curiga dengan adanya masalah tekanan darah, ada baiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena sudah menjadi rahasia umum jika tekanan darah tinggi bisa berimbas pada masalah kesehatan yang lebih serius seperti penyakit jantung atau stroke.

Masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa dipicu oleh gaya hidup yang buruk seperti konsumsi makanan yang tidak sehat, stress, kurang tidur, atau kebiasaan kurang gerak dan malas berolahraga. Jika sampai hal ini terus dibiarkan, maka tekanan darah bisa saja mencapai 140/90 atau lebih.

Jika sampai tekanan darah mencapai angka tersebut atau bahkan melebihinya, maka jantung akan bekerja dengan jauh lebih keras demi memompa darah. Hal ini tentu akan membuat jantung rentan mengalami kerusakan.

Yang menjadi masalah adalah, jika sampai kita mengalami susah tidur, hal ini akan berdampak pada meningkatnya tekanan darah dan membuat masalah kesehatan ini menjadi semakin memburuk. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita rutin memeriksakan tekanan darah sehingga bisa lebih baik dalam menjaganya berada dalam kondisi yang normal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi