5 Jenis Teh Ini Baik Bagi Penderita Diabetes

manfaat-teh-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang diderita oleh jutaan masyarakat di Indonesia adalah diabetes. Masalahnya adalah kondisi ini bisa menyebabkan dampak kesehatan yang cukup serius, baik itu amputasi hingga komplikasi berbahaya lainnya yang mematikan. Karena alasan inilah penderita penyakit ini tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman dengan sembarangan.

Penderita diabetes harus mengubah pola makan demi mencegah komplikasi

Jika penderita diabetes masih menerapkan pola makan yang sama sebagaimana saat mereka belum didiagnosis terkena penyakit ini, maka risiko untuk terkena komplikasi pun akan semakin meningkat. Sebagai contoh, mereka tak lagi bisa sembarangan mengonsumsi makanan tinggi kalori layaknya nasi, gorengan, daging-dagingan, roti, kue, dan lain-lain. Bahkan, beberapa jenis camilan dan minuman yang memiliki kandungan gula atau kalori juga harus dihindari.

Tak hanya memilih makanan yang tepat, porsi makanan penderita diabetes juga harus diperhatikan karena jika sampai asupan kalori atau gula berlebihan, bisa jadi akan memicu lonjakan kadar gula darah yang bisa sangat membahayakan dan menyebabkan datangnya komplikasi.

Penderita diabetes masih boleh mengonsumsi teh

Meskipun harus cermat dalam memilih minuman yang dikonsumsi, bukan berarti penderita diabetes hanya bisa mengonsumsi air putih saja. Dalam realitanya ada, ada beberapa jenis teh herbal yang justru bisa membantu mengendalikan diabetes. Mengonsumsi satu atau dua cangkir teh setiap hari bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap seimbang.

Berikut adalah berbagai macam teh yang direkomendasikan bagi penderita diabetes.

  1. Teh ginseng

Berbicara tentang ginseng, rempah khas dari Korea Selatan ini seringkali dianggap sebagai bahan alami yang mampu meningkatkan stamina. Bahkan, ada yang menganggap ginseng sebagai pendongkrak performa seksual. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ginseng ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi penderita diabetes, lho.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan ginseng yang bisa membuat penyerapan karbohidrat dan gula darah menjadi lebih lambat. Hal ini tentu akan berpengaruh besar bagi kadar gula darah. Selain itu, rutin mengonsumsinya juga bisa merangsang pankreas untuk meningkatkan produksi insulin untuk mengendalikan kadar gula darah.

Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi teh ginseng setiap pagi jika ingin mencegah datangnya komplikasi.

  1. Teh hijau

Teh hijau tinggi kandungan antioksidan yang dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat dengan efektif. Mengonsumsi teh hijau secara rutin juga telah terbukti mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Hal ini berarti, penderita diabetes juga bisa menjaga kadar gula darah di dalam tubuhnya dengan cara rutin mengonsumsi teh hijau. Hanya saja, kita tidak disarankan untuk menambahkan gula pada teh ini dan sebaiknya menambahkan air perasan lemon demi membuatnya menjadi lebih bermanfaat.

  1. Teh oolong

Meski tidak seterkenal teh ginseng atau teh hijau, kini semakin banyak orang yang tertarik untuk minum teh oolong. Hal ini disebabkan oleh rasanya yang nikmat dan nutrisinya yang tinggi. Rutin mengonsumsinya dua cangkir setiap hari dalam kondisi hangat juga mampu membantu menjaga kadar gula darah sehingga bisa mencegah datangnya komplikasi diabetes.

  1. Teh dandelion

Teh dandelion memiliki senyawa aktif yang secara efektif mampu menurunkan kadar gula darah pada tubuh penderita diabetes tipe 2. Rutin meminumnya juga akan menyehatkan jantung dan pembuluh darah, dua organ yang paling rentan terkena komplikasi diabetes.

  1. Teh fenugreek

Teh fenugreek memiliki kandungan serat larut yang sangat tinggi. Kandungan ini akan bisa membantu mencegah kenaikan kolesterol dan kadar gula darah. Teh ini juga tinggi kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang bisa membantu mencegah komplikasi diabetes.