Teh Pahit Bisa Turunkan Kolesterol?

manfaat-teh-doktersehat

DokterSehat.Com– Masyarakat Indonesia cenderung tidak terbiasa dengan teh pahit. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan kita untuk mengonsumsi teh manis, baik itu saat membeli di tempat makan atau membuatnya sendiri di rumah. Padahal, mengonsumsi teh pahit bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif.

Kaitan antara konsumsi teh pahit dengan kolesterol

Pakar kesehatan Dr. Saptawati Bardosono yang berasal dari Universitas Indonesia (UI) menyebut teh pahit atau teh tanpa gula bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat karena memiliki kandungan zat aktif. Selain rutin mengonsumsinya setiap hari, kita juga bisa mengonsumsinya setelah mengonsumsi makanan dengan kadar kolesterol cukup tinggi seperti udang atau kepiting demi mencegah kenaikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain dengan minum teh pahit, Dr. Saptawati juga menyarankan kita untuk rutin berolahraga atau setidaknya aktif bergerak jika tidak ingin terkena masalah kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi darah yang akan berjalan dengan baik jika kita rajin bergerak dan hal ini akan mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dengan efektif.

Dr. Saptawati juga menyarankan kita untuk rajin-rajin mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah karena memiliki kandungan serat dan fitosterol tinggi. Kandungan ini bisa mencegah penyerapan lemak dari makanan yang kita konsumsi dengan efektif sehingga tentu akan mencegah peningkatan kadar kolesterol tubuh dengan efektif.

Manfaat lain mengonsumsi teh pahit secara rutin

Selain bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan efektif, pakar kesehatan menyebut ada manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan jika kita mulai membiasakan diri mengonsumsi teh pahit, bukannya teh manis.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Baik bagi kesehatan mental

Salah satu manfaat terbaik dari kebiasaan minum teh teh pahit adalah kemampuannya dalam mengatasi stres dengan lebih efektif. Hal ini disebabkan oleh kemampuan teh dalam hal menurunkan kadar hormon stres di dalam tubuh yang tentu akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang.

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan minum teh pahit juga akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan kardiovaskular.

  1. Menjaga kadar gula darah tetap seimbang

Rutin minum teh pahit juga disebut-sebut bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Salah satu jenis teh yang bisa memberikan manfaat kesehatan ini adalah teh oolong.

Teh hijau yang dikenal luas bisa menenangkan pikiran juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin mencegah datangnya kenaikan kadar gula darah sekaligus mengendalikan kadar trigliserida. Bahkan, rutin mengonsumsi teh hijau tanpa tambahan gula juga disebut-sebut akan membantu tubuh menjalankan proses detoksifikasi dengan lebih baik

  1. Mencegah flu

Jika tenggorokan mulai terasa tidak nyaman, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera minum teh tanpa gula demi membuatnya kembali nyaman sekaligus mencegah gejala flu. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan l-theanine di dalam teh yang mampu melawan berbagai infeksi yang bisa saja menyebabkan datangnya masalah pernapasan ini.

  1. Membuat jantung semakin sehat

Beberapa penelitian membuktikan bahwa masyarakat dari negara yang terbiasa mengonsumsi teh tanpa gula seperti Jepang yang memang masyarakatnya dikenal sebagai penggemar teh hijau cenderung memiliki kasus kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah yang rendah. Hal ini berarti, mengonsumsi minuman ini memang bisa mencegah datangnya penyakit kardiovaskular dengan efektif.

  1. Mencegah datangnya penyakit kronis

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa rajin minum teh hijau bisa mencegah datangnya kanker. Bahkan, jika kita rutin meminumnya tanpa tambahan gula, kita bisa mencegah datangnya kanker lambung dan masalah penuaan dini. Selain itu, teh hijau dan teh hitam juga bisa mencegah datangnya penyakit Parkinson dengan efektif.

Melihat fakta-fakta ini, kita memang sebaiknya mulai membiasakan untuk minum teh tanpa gula demi mendapatkan manfaat sehatnya. Rasanya tak kalah nikmat dibandingkan dengan teh manis kok.