Teh Oolong Bisa Membantu Mencegah Kanker Payudara?

teh-oolong-doktersehat
Photo Source: Flickr/h4ck

DokterSehat.Com– Jika kita membicarakan tentang teh, kita tentu akan membahas tentang minuman yang memiliki rasa yang nikmat sekaligus kaya akan manfaat kesehatan. Salah satu teh yang bisa memberikan manfaat tersebut adalah teh oolong. Ada yang menyebut teh oolong bisa mencegah kanker payudara. Apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta medis?

Kaitan antara teh oolong dengan risiko kanker payudara

Telah ada penelitian yang dilakukan dengan menggunakan beberapa jenis ekstrak dari teh yang biasa kita konsumsi. Para peneliti ingin mengetahui bagaimana dampak dari ekstrak teh oolong, teh hijau, teh hitam, dan teh-teh lainnya terhadap sel kanker payudara. Hasilnya adalah, ekstrak teh oolong memang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker ini. Bahkan, para peneliti menyebut konsumsi teh oolong bisa membantu menekan risiko terkena kanker payudara hingga 25 persen.

Para peneliti menyebut teh oolong memiliki bahan yang bersifat anti kanker. Hanya saja, bukan berarti kita bisa mengandalkan teh ini saja untuk mengobati kanker payudara. Pakar kesehatan menyebut masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti bagaimana manfaat dari teh oolong bagi kanker payudara. Penderita penyakit ini pun diminta untuk tetap menjalani terapi seperti biasa demi membantu mengatasi penyakit ini.

Manfaat lain dari teh oolong bagi kesehatan

Selain bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan dari mengonsumsi teh oolong secara rutin.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Baik untuk program diet

Pakar kesehatan menyebut teh oolong sebagai minuman yang cocok bagi mereka yang menjalani program diet. Hal ini disebabkan oleh kandungan dari teh ini yang bisa membantu mempercepat metabolisme yang akhirnya membantu pembakaran lemak dengan lebih efektif. Kandungan polifenol di dalamnya juga akan mencegah penumpukan lemak.

  1. Membantu menurunkan kolesterol

Kandungan polifenol yang ada di dalam teh oolong juga mampu membuat enzim lipase menjadi lebih aktif. Kandungan ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh dengan efektif.

  1. Menjaga kadar gula darah

Orang-orang dengan kondisi diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi teh oolong karena kandungan di dalam teh ini mampu mengendalikan kadar gula darah dengan efektif. Hal ini tentu akan membantu mencegah datangnya komplikasi diabetes. Mengonsumsi teh oolong secara teratur juga bisa membantu mencegah datangnya penyakit ini.

  1. Baik bagi kesehatan gigi

Kandungan di dalam teh oolong bisa memberikan perlindungan gigi dari asam yang bisa memicu kerusakan atau penumpukan plak.

  1. Baik bagi kesehatan tulang

Teh oolong ternyata memiliki kemampuan dalam menjaga kepadatan dan kekuatan tulang karena mampu membantu tubuh menyerap mineral dengan lebih baik. Kandungan di dalamnya juga mampu membuat mineral ini tidak mudah hilang dari tubuh.

  1. Membuat daya ingat menjadi lebih tajam

Di dalam teh oolong terdapat kandungan kafein yang bisa membuat sistem saraf pusat yang ada di otak menjadi lebih aktif. Kandungan ini juga bisa mencegah datangnya alzheimer dan Parkinson. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan pada 2004 silam menghasilkan fakta bahwa minum teh oolong secara rutin bisa membantu fungsi kognitif otak meningkat. Hal ini juga akan membuat kemampuan memori jangka panjang semakin membaik.

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kebiasaan mengonsumsi teh oolong mampu menurunkan risiko terkena serangan jantung hingga 11 persen lebih rendah.

Melihat berbagai manfaat kesehatan yang disediakan oleh teh oolong ini, kita memang tak perlu ragu lagi untuk sering mengonsumsinya. Rasanya juga enak, kok.