Terbit: 7 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu makanan tradisional yang dikenal luas di Indonesia adalah tape. Makanan khas tanah air ini dibuat dari singkong yang diolah dengan cara difermentasikan dengan ragi. Singkong yang awalnya memiliki tekstur lebih keras dan tebal kemudian berubah menjadi lebih lembek dan memiliki rasa yang manis. Makanan ini cocok untuk dijadikan camilan atau sajian bagi tamu yang sedang bertandang.

Tape Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi?

Sebagaimana sebagian besar makanan tradisional khas Indonesia, tape ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Menurut pakar kesehatan, rajin makan tape singkong ternyata bisa mengatasi penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bagaimana caranya?

Sebagaimana kita ketahui, tekanan darah tinggi bisa berimbas menjadi penyakit yang jauh lebih serius seperti penyakit jantung atau stroke. Sayangnya, menurunkan tekanan darah hingga kembali ke angka yang normal bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Beruntung, dengan rutin mengonsumsi tape secara teratur, maka kita pun akan mendapatkan nutrisi berupa kalium yang mampu mengendalikan tekanan darah dengan efektif. Kalium juga bisa memberikan manfaat bagi keteraturan denyut jantung dan kesehatan pembuluh darah.

Tape jenis lainnya, yakni tape ketan ternyata juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan probiotik di dalam tape ketan yang bisa membuat sistem pencernaan menjadi semakin sehat. Hal ini tentu berpengaruh besar bagi sistem kekebalan tubuh kita. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang membuktikan bahwa di dalam 1 ml air tape ketan terdapat 1 juta mikroorganisme asam laktat yang sangat baik bagi pencernaan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Penelitian lain bahkan menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi tape ketan dengan jumlah dan frekuensi yang normal bisa menurunkan risiko kanker dan membuat tulang menjadi semakin sehat mengingat tingginya kadar fosfor dan mineral di dalamnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi