Pertolongan pada Luka – Tanya Jawab

doktersehat-tangan-jari-luka
Photo Credit: John Leach

DokterSehat.Com– Kulit adalah penghalang dunia luar yang melindungi tubuh dari infeksi, radiasi, dan temperatur yang ekstrem. Ada banyak jenis luka yang dapat merusak kulit termasuk luka lecet (abrasi), luka robek (laserasi), cedera ruptur, tusukan, dan luka tembus. Banyak luka dengan kedalaman yang dangkal membutuhkan pertolongan pertama lokal termasuk pembersihan luka dan pembalutan luka.

Beberapa luka yang lebih dalam perlu perhatian medis untuk mencegah infeksi dan mencegah kehilangan fungsi jaringan, karena kerusakan struktur yang mendasari seperti tulang, otot, tendon, arteri dan saraf. Tujuan dari perawatan medis untuk luka adalah untuk mencegah komplikasi dan mempertahankan fungsi. Meskipun penting, kecantikan dan kosmetika bukanlah pertimbangan utama untuk perbaikan luka.

Apakah benar untuk tetap menjaga kelembaban luka?
Jawaban: Benar

Menjaga kelembaban luka akan membantu luka sembuh dengan lebih cepat dan membantu agar perban tidak menempel ketika akan diambil. Kondisi lembab pada luka akan sangat membantu untuk luka besar dan luka goresan. Mempertahankan area bersih dan menerapkan salep antibiotik selapis tipis dapat membantu mencegah infeksi.

Apakah benar bahwa luka gores perlu dibiarkan terbuka?
Jawaban: Salah

Perban dapat melindungi daerah yang tergores dari gesekan terhadap pakaian dan kotoran dan bakteri sehingga membantu luka cepat sembuh. Untuk mengurangi risiko infeksi, selalu membersihkan luka sebelum ditutup perban. Jika Anda memiliki luka, bila menggunakan perekat, jangan tempelkan memanjang di seluruh luka, namun tempatkan di sisi lebar luka.

Apakah benar untuk menarik perban yang melekat dengan perlahan-lahan?
Jawaban: Benar

Mengambil perban terlalu cepat berisiko menarik sel kulit yang telah mengering atau membuka kembali luka. Sebaliknya, lakukan pengupasan perban dengan perlahan-lahan dan lembut. Jika perban terasa seperti menempel dengan bagian luka yang mengering, rendam dalam air hangat untuk melunakkan sel kulit yang mengering. Untuk menghindari merobek rambut di sekitar luka, tarik perban secara bertahap ke arah yang sama seperti pertumbuhan rambut.

Apakah benar bahwa mentega baik untuk luka bakar?
Jawaban: Salah

Meletakkan mentega atau es ke atas luka bakar tidak akan membantu dan justru akan memperburuk kerusakan jaringan. Untuk luka bakar minor, berikan air mengalir sampai nyeri agak mereda. Untuk melindungi area kulit yang melepuh, tutup area luka bakar tersebut dengan kassa steril, lalu bungkus kassa tersebut dengan longgar sehingga tidak menempel dengan luka bakar.