Avatar

Mega Andrea

4 September 2020 pada 1:21 pm

Selamat siang dok,,

Tenggorokan (leher) saya sebelah kiri bengkak dan sakit pada saat diraba. Dulu pernah seperti ini dan dokter bilang kebanyakan makanan yang mengandung msg. Namun kali ini tidak, apa solusi dan obatnya dok?

Terima kasih.

Salam hangat,
Mega

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
5 September 2020 pada 12:45 pm

Kak Mega,

Bengkak di leher dapat terjadi oleh karena berbagai penyebab. Pada umumnya kondisi ini tidak berbahaya. Namun pada sebagian kasus, bengkak di leher dapat menjadi tanda adanya penyakit yang lebih serius.

Jika bengkaknya di sebelah kiri dan kanan, kemungkinan bengkaknya berasal dari kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening adalah kelenjar yang mengandung sel-sel darah putih dan menjadi bagian dari sistem imun yang berfungsi untuk melawan infeksi yang terjadi. Kelenjar ini dapat membengkak beberapa sentimeter sebagai respons terhadap infeksi atau penyakit. Selain pada leher, pembengkakan kelenjar getah bening dapat terjadi pada bagian lain dari tubuh, seperti ketiak.

Pada kasus yang tidak berbahaya, misalnya flu dan radang tenggorokan, mengonsumsi banyak cairan dan meminum ibuprofen biasanya sudah dapat meredakan sakit pada kelenjar getah bening yang membengkak. Selain pemberian ibuprofen, pemberian obat antibiotik mungkin akan direkomendasikan jika pembengkakan kelenjar getah bening yang dialami disebabkan oleh infeksi bakteri.

Apabila pengobatan tersebut telah diberikan, namun dalam waktu 1 bulan pembengkakan kelenjar getah bening tak kunjung hilang, periksakan ke dokter. Tes darah, CT scan, atau biopsi mungkin akan direkomendasikan untuk mendeteksi kelainan lebih lanjut. Sebab dalam kondisi tertentu, bengkak di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening dapat menjadi gejala dari penyakit campak, rubella, cytomegalovirus (CMV), tuberkulosis (TB), sipilis, HIV, lupus, rheumatoid artritis, bahkan kanker.

semoga membantuk kak!

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.