Avatar

tanpa nama

5 September 2020 pada 7:47 pm

Dok saya mau cerita,

Saya cenderung merasa tertekan jika berada di rumah. Ibu saya sering menyudutkan dan menyalahkan saya, bahkan di depan saya ibu saya bilang oebih menyayangi adik saya. Mungkin dokter paham rasanya bagaimana. Jika ada apapun ibu saya tidak pernah menganggap saya, seakan dia hanya peduli dengan adik saya. Saya jadi sering merasa tertekan dan bahkan setiap malam saya sering menangis. Hari-hari biasa yang saya lakukan adalah diam. Saya berusaha menghindari kontak mata maupun komunikasi karena pada akhirnya jika saya bicara atau diam, saya selalu disalahkan atas apapun.

Terimakasih dok. mohon sarannya

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
9 September 2020 pada 11:29 am

Halo Kak,

Peluk jauh dari saya, semoga kakak selalu dalam kondisi sehat.
Ibu memang sosok yang melahirkan kita, jasa ibu sangat besar terhadap kita, karena sakitnya melahirkan itu tidak terperikan.

Kakak wajar melihat ibu lebih menyayangi adiknya, karena kakak dianggap sudah dewasa, lebih mandiri, dan lebih kuat, sehingga ibu percaya kepada kakak, dan lebih menganggap adik lebih lemah.

Jika kakak merasa sendiri dan tidak ingin berinteraksi tatap mata dengan orang lain, kakak sudah masuk ke dalam kategori DEPRESI RINGAN. hati-hati kak, karena kondisi ini mungkin memang ringan, namun jika dilanjukan, kakak akan merasa ingin mengakhiri hidup, padahal hidup itu indah kak.

Kakak dianugerahi Tuhan kemampuan untuk mengetik, menulis cerita, kakak bisa berbagi di kanal youtube, atau medsos lainnya, dan jangan dipendam sendiri kak. Pastikan ibu kakak menjadi tempat cerita kakak. Ibu adalah sosok yg pasti menyayangi anaknya, hanya saja cara ibu kakak mgkn salah.

Jangan sampai kakak melakukan tindakan gegabah yg hanya akan merugikan kakak sendiri maupun keluarga kakak.
Bicarkaan dengan teman terdekat ttg isi hati kakak, kalau tdk ada, kakak bs meminta bantuan profesional kesehatan seperti Psikolog, atau Psikiater.

Mohon maaf belum banyak membantu, semoga kakak selalu dikuatkan.
Ingat, kakak gak sendirian ya.
Selalu semangat, dan DokterSehat selalu ada untuk kakak.

Semangat kak!

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.