Avatar

Olivia Putri

6 Juli 2021 pada 11:55 am

dok, saudara saya lansia ibu-ibu terkena Parkinson. Apakah penyakit parkinson berbahaya? Makasih dok

Dr. Ursula Penny

Dr. Ursula Penny

Dokter
8 Juli 2021 pada 6:00 pm

Keluarga pasien sering bertanya tentang penyakit Parkinson apakah berbahaya atau tentang seberapa bahaya penyakit Parkinson pada pasien.

Penyakit Parkinson sebenarnya tidak secara langsung menyebabkan seseorang meninggal, namun gejala Parkinson dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang, menyebabkan infeksi serius, menurunkan fungsi hidup pasien atau disabilitas, hingga mengancam jiwa bila gejalanya sangat parah.

Gejala Parkinson seperti tremor, bradykinesia (gerakan tubuh melambat), otot dan sendi kaku, perubahan bicara, kehilangan refleks tubuh, gangguan postur tubuh, dan masalah keseimbangan dapat berpengaruh buruk pada hidup penderitanya. Kondisi ini mungkin menjadi lebih rentan karena tidak ada obat untuk menyembuhkan Parkinson secara total.

Walaupun penyakit Parkinson cukup berbahaya dan belum ada obatnya, gejala penyakit ini dapat dikontrol dengan beberapa cara, termasuk:

  • Mengontrol gejala dengan obat-obatan seperti carbidopa-levodopa infusion, dopamine agonist, MAO B inhibitors, amantadine, atau obat lain. Dokter yang memeriksa pasien secara langsung akan memberi resep obat sesuai dengan gejala dan kebutuhan pasien.
  • Beberapa dukungan terapi seperti terapi wicara bila pasien mengalami gejala gangguan bicara, makan, atau menelan, fisioterapi untuk melatih keseimbangan dan gerakan tubuh, serta terapi okupasi agar pasien bisa kembali melakukan pekerjaan atau aktivitas secara normal dan lebih baik.
  • Latihan keseimbangan juga disarankan agar pasien bisa mengontrol gerak tubuh, meredakan nyeri atau sendi kaku, serta mendukung kebugaran tubuh.
  • Pasien Parkinson dengan gejala ringan hingga sedang dapat merespon gerakan dan mengontrol gerakan dengan baik. Agar tetap sehat dan aktif, selalu kontrol kesehatan pasien Parkinson, beri dukungan, dan ciptakan lingkungan yang ramah untuk pasien.

Silakan baca lebih lanjut tentang penyakit pengobatan Parkinson di sini.

  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.